Tim NU Sidoarjo Peduli meninjau lokasi pembangunan kembali musala dan TPQ terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru, di Dusun Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Ahad (9/01/2022).

Bagikan:  

Tim NU Sidoarjo Peduli Lakukan Asesmen untuk Bangun Kembali Musala dan TPQ di Semeru

By Noerhadi

13/01/2022

94 kali dilihat

Sidoarjo, NU Care

NU Sidoarjo Peduli berencana membangun musala bagi warga terdampak bencana Gunung Semeru. Sejumlah persiapan pun dilakukan, salah satunya dengan menerjunkan tim relawan untuk melakukan asesmen di lokasi yang akan dibangun musala, Ahad (9/01/2022).

Tim relawan NU Sidoarjo Peduli yang meninjau lokasi berjumlah 30 orang, di antaranya adalah Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo beserta sejumlah pengurus. Juga utusan sejumlah pengurus NU Care-LAZISNU dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Kabupaten Sidoarjo, badan otonom (banom), dan lembaga.

“Rencana pembangunan mushalla yang dilakukan NU Sidoarjo Peduli ini bertujuan untuk membantu meringankan beban warga terdampak bencana Semeru, khususnya memenuhi kebutuhan warga yang menginginkan keberadaan mushalla dan TPQ,” kata Wakil Ketua PCNU Sidoarjo, H Zainal Hayat.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) PCNU Kabupaten Lumajang H Jamaluddin yang turut hadir mendampingi, mengapresiasi atas rencana tersebut. Menurutnya, keberadaan musala sangat dibutuhkan oleh warga terdampak bencana.

“Terima kasih atas empati dan kepeduliannya untuk membangun mushalla yang sangat vital ini,” katanya.

Dalam pandangannya, inisiasi dari NU Sidoarjo peduli sangat membantu. Dikatakan bahwa di Dusun Kamarkajang tidak semuanya terdampak, hanya sebagian. Dan dari hasil analisis LIPI di lokasi sekarang masuk dalam zona putih.

Koordinator NU Sidoarjo Peduli, Muh Ihsan menerangkan bahwa pembangunan musala dan TPQ yang diberi nama Rahmatul Hidayah An-Nahdliyah tersebut rencananya berlokasi di Dusun Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Ia menambahkan, proses pembagunannya sendiri segera dilakukan dalam waktu dekat dan rencananya memakan waktu sekitar satu bulan.

“Pagi hari ini kita melaksanakan asesmen untuk pembangunan mushalla yang akan dilaksanakan oleh NU Sidoarjo Peduli,” katanya. 

Menurutnya, musala lama sudah terkena erupsi dan terpendam. Sekarang Tim melakukan pembangunan kembali musala beserta TPQ tersebut. Oleh karena itu, dirinya meminta aghniya (para hartawan) untuk membantu pembangunan.

“Agar warga bisa beribadah dan anak-anak juga bisa kembali mengaji di tempat ini,” harap dia.

NU Sidoarjo Peduli masih melakukan open donasi untuk pembangunan musala dan TPQ bagi warga terdampak bencana Gunung Semeru. Donasi bisa disalurkan melalui rekening BCA 018 664 7666 dan rekening BSI 77777 99999 atas nama LAZISNU Sidoarjo. Narahubung 0822 4435 0909.

Pewarta: Yuli Riyanto
Editor: Syaifullah/Wahyu Noerhadi

Sumber: NU Online Jatim

Program Kebencanaan
Sidoarjo
Tim NU Peduli
Pembangunan
Mushola
TPQ
Asesmen
Program Kebencanaan
Sidoarjo
Tim NU Peduli
Pembangunan
Mushola
TPQ
Asesmen

Berita Lainnya