Ketua JPZIS NU Beres Purwokerto Barat, Banyumas, Daryanto menyerahkan kaleng Kotak Infak NU kepada SMK Ma'arif NU 1 Purwokerto, Hendang Sri  Wahyuni, pada Sabtu (21/01/2023). (Foto: Djarmanto)

Bagikan:  

SMK Ma'arif NU 1 Purwokerto Dapat Sosialisasi Gerakan Koin NU

By Kendi Setiawan

23/01/2023

83 kali dilihat

Banyumas, NU Care

Jaringan Pengelola Zakat, Infak, dan Sedekah (JPZIS) NU Berkah Remen Silaturahmi (Beres) Purwokerto Barat, Banyumas, Jawa Tengah terus melakukan sosialisasi gerakan Kotak Infak (Koin) NU. Tebaru, sosialisasi diadakan di SMK Ma'arif NU 1 Purwokerto, Kelurahan Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan, pada Sabtu (21/01/2023).

Pada sosialisasi tersebut, hadir kepala madrasah, beberapa guru dan karyawan SMK Ma’arif NU 1 Purwokerto, pengurus harian dan perwakilan petugas lapangan JPZIS NU Beres. Beberapa hari sebelumnya, sosialisasi Koin NU telah dilakukan di SMK Wiworotomo Purwokerto, Kelurahan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (19/01/2023).

"Alhamdulillah, semangat pengurus dan petugas lapangan JPZIS NU Beres Purwokerto Barat terus kibarkan bendera LAZISNU yang dikemas dengan silaturahmi dan sosialisasi Koin NU di awal tahun 2023, dan sukseskan 4 pilar Program LAZISNU juga sosialisasi dahsyatnya gerakan sedekah subuh dengan kaleng Koin NU bersama JPZIS NU Care-LAZISNU Beres Purwokerto Barat," kata Ketua JPZISNU Beres, Daryanto.

Sebaran kaleng Koin NU, lanjutnya, saat ini telah menyasar masyarakat umum, guru dan karyawan sekolah/madrasah termasuk SMK Ma’arif NU 1 Purwokerto. Hal itu menambah total sebaran Koin NU yang dikelola oleh JPZIS NU Beres Purwokerto Barat berjumlah 750 kaleng.

"Jumlah kaleng Koin NU tersebut kesemuanya dikelola oleh JPZIS NU Beres. Target berikutnya (Koin NU) untuk wali murid dan para alumni, serta rekan-rekan dari para guru sekolah/madrasah yang ada di Kabupaten Banyumas," jelas Daryanto.

Sementara itu, Petugas Lapangan JPZIS NU BERES Nur Khasanah didampingi Auliya, menyampaikan bahwa penghimpunan dana dari sedekah yang dimasukan ke kaleng Koin NU yang sudah tersebar di masyarakat, kemudian petugas lapangan mengambil, menghitung, merekap, mencatat dan menyerahkannya untuk dikelola bersama JPZIS NU Beres setiap bulanya di tanggal 1-20.

"Pengumpulan, pengelolaan dan pemanfaatannya setiap bulan diserahkan kepada JPZIS NU BERES, sedangkan pentasarufannya (penyaluran) berpedoman kepada aturan yang  berlaku," ungkap Nur Khasanah.

Ia juga menyampaikan maksud dari sosialisasi Koin NU adalah untuk membangun kemandirian warga juga kemaslahatan umat. "Perlu saya sampaikan juga bahwa program unggulan JPZIS NU Beres adalah LESPENIRING (sing teles ngopeni sing garing. Jawanya : yang ‘basah/lebih’ mengayomi/membatu yang ‘kering/kurang’); yang lebih rezekinya seyoganya bisa terus menyisihkan untuk berbagi, membantu yang kurang dan membutuhkan," imbuh Auliya. 

Kepala SMK Ma'arif NU 1 Purwokerto Hendang Sri Wahyuni mengaku senang dan bahagia karena bisa menjadi bagian dari munfiq (donatur) Koin NU lantaran silaturrahmi JPZIS NU Beres ke sekolah dan mengantar bantuan untuk anak didik SMK Ma’arif NU 1 Purwokerto beberapa hari yang lalu.

"Mewakili guru, TU, karyawan dan wali murid, mengucapkan syukur alhamdulillah. Terima kasih, kami sangat tersanjung diberi kesempatan bergabung menjadi munfiq, bersama dengan sedulur (saudara-saudara) LAZISNU yang sangat militan dan sudah teruji dan terbukti serta tak kenal lelah, aktivitasnya hanya berharap ridha Allah Swt. Semoga kami bisa belajar dan mengikuti jejaknya untuk berkhidmat kepada NU," ucap Hendang Sri Wahyuni.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua JPZIS  NU Beres yang kala itu menyerahkan 30 kaleng Koin NU untuk keluarga besarSMK Ma’arif NU 1 Purwokerto.

"Terima kasih atas kaleng koin NU ini. Hari ini juga akan kami sosialisasikan kepada bapak ibu guru yang belum punya dan kepada jamaah Yaasin di lingkungan RT dan RW saya. Kalau berjalanya waktu, saya kekurangan kaleng, akan minta kembali ke pengurus. Ke depan JPZIS NU Beres terus bersinergi dan menebar manfaat untuk lingkungan saya dan anak didik SMK Ma’arif NU 1 Purwokerto," papar Hendang Sri Wahyuni.

Dirinya berharap Gerakan Koin NU ini terus bisa tumbuh berkembang subur dan banyak memberi manfaat untuk banyak orang yang membutuhkan, kehadiranya pun selalu ditunggu-tunggu oleh warga masyarakat baik yang menjadi munfiq ataupun yang sedang membutuhkan bantuan.

"Saya pribadi dan atas nama SMK Ma’arif NU 1 Purwokerto berharap ke depan Koin NU bisa berkembang dan bisa terus bermanfaat untuk orang banyak. Semangat ini harus selalu dijaga, dipupuk suburkan dengan semata-mata berniat untuk berkhidmat di NU, melalui semua aktivitas JPZIS NU Beres," pungkasnya.

Kontributor: Auliya/Djarmanto
Editor: Kendi Setiawan

Gerakan Koin NU
Banyumas
Purwokerto Barat
Gerakan Koin NU
Banyumas
Purwokerto Barat

Berita Lainnya