Pengajian dan santunan anak yatim PRNU Kalurahan Panjangrejo di Mushala Al Anwar, Dusun Watu, Panjangrejo, Bantul, Yogyakarta, Ahad (21/07/2024).

Bagikan:  

Rp88,7 Juta Disalurkan UPZISNU Kecamatan Pundong Bantul untuk Santunan Yatim pada Semester Pertama 2024

By Kendi Setiawan

27/07/2024

398 kali dilihat

Bantul, NU Care
Hingga semester pertama 2024, UPZISNU Kecamatan Pundong, Bantul, Yogyakarta mentasarufkan dana sejumlah Rp88.700.000 kepada anak yatim piatu.

Hal ini disampaikan Bendahara UPZISNU Pundong, Purwanto dalam kegiatan pentasarufan santunan anak yatim yang dilaksanakan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kalurahan Panjangrejo di Mushala Al Anwar, Dusun Watu, Panjangrejo, Ahad (21/07/2024).

"Sejak Januari hingga Juni 2024, kami telah menyelenggarakan pentasarufan bantuan untuk anak yatim piatu sebanyak 6 kali kegiatan. Dalam rentang itu, sejumlah 298 anak telah menerima manfaat dana infak sedekah UPZISNU Pundong. Dalam kegiatan Yatiman (santunan kepada anak yatim) dilaksanakan bersama pengurus Ranting NU di wilayah kalurahan masing-masing,” terang Purwanto.

Dirinya menambahkan, pentasarufan kepada anak yatim biasanya dilakukan di masjid atau mushala. Setiap bulan mereka memperoleh santunan berupa uang tunai, kadangkala ditambah bingkisan sembako atau pun peralatan sekolah.

Menginjak semester kedua 2024, bulan Juli ini bersama PRNU Kalurahan Panjangrejo memberikan santunan kepada 44 anak yatim di Mushala Al Anwar.

Pengurus Yatiman Kalurahan Panjangrejo, Mulyono mengungkapkan bahwa santunan untuk tiap-tip anak diberikan santunan Rp300 ribu. "Total dana yang disalurkan pada bulan Juli sejumlah 13,2 juta Rupiah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Mustasyar MWCNU Kecamatan Pundong, KH Muhammad Djamal dalam tausiahnya menerangkan keutamaan bulan Muharram yaitu bersedekah kepada anak yatim.

“Di bulan Muharram ada keutamaan-keutamaan yang luar biasa. Bila kita dapat mengamalkan amalan di bulan Muharram maka pahala yang didapatkan berlipat ganda. Salah satu amalan itu adalah bersedekah. Jika kita ikhlas bersedekah hanya untuk Allah Swt, maka pahala yang didapatkan seperti bersedekah selama satu tahun lamanya,” tuturnya.

Kiai Djamal lalu mengutip sebuah hadis, "Barangsiapa berpuasa di hari Asyura, maka seakan-akan berpuasa selama setahun, dan barangsiapa bersedekah di hari ini, maka seakan-akan bersedekah selama satu tahun.” (HR. Abdullah bin Amru bin Al-Ash)

Kontributor: Markaban Anwar
Editor: Kendi Setiawan/Wahyu Noerhadi

MWCNU
YOGYAKARTA
Santunan
Anak Yatim
UPZIS
Bantul
Muharram
MWCNU
YOGYAKARTA
Santunan
Anak Yatim
UPZIS
Bantul
Muharram

Berita Lainnya