Tim NU Peduli Jateng melakukan penanganan banjir Demak. (Foto: NU Peduli Jateng)
 

Bagikan:  

Relawan NU Terus Bergerak Tangani Dampak Banjir Demak

By Kendi Setiawan

11/02/2024

67 kali dilihat

Demak, NU Care
Hingga Ahad (11/02/2024) tim relawan NU Peduli Jawa Tengah terus bergerak menangani dampak banjir di Kabupaten Demak. Begitu pun tim NU Peduli dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kudus dan PCNU Demak.

"Karena keterbatasan sarana prasarana dan relawan, PCNU Kudus meminta bantuan kepada tim NU Peduli Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama atau PWNU Jawa tengah. Kemudian kita perintahkan PCNU Pati dan Kota Semarang untuk bergerak membantu menangani banjir Demak dengan membawa perahu karet, perahu fiber dan perahu motor tempel. Dari kedua PCNU tersebut terhimpun 45 relawan," ujar Sekretaris NU Peduli PWNU Jateng, M Pudji Wibowo, .

Ia menambahkan, fokus relawan saat ini mengevakuasi warga yang terdampak banjir menuju tempat yang aman. Terutama di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak yang terendam banjir hampir seratus persen. 

"Fokusnya pada lansia dan warga yang sakit," ujarnya.

Sebelumnya, pada tanggal 6 dan 7 Februari kemarin, NU Peduli Jawa Tengah telah menyalurkan bantuan kepada daerah yang terdampak banjir di Demak dan Grobogan. Tiap-tiap titik penerima bantuan mendapatkan Rp3  juta.

"Selain itu, NU Peduli Jawa Tengah juga sudah mendirikan dapur umum di Demak," kata Wibowo.

Wibowo mengklaim, di daerah terparah yang terendam banjir di Demak yakni di Kecamatan Karanganyar, para korban banjir sudah dievakuasi 100 persen. Sedangkan, pada Sabtu malam (10/02/2024), merupakan tahap akhir evakuasi korban banjir di kecamatan tersebut.

"Hambatan yang di alami tim NU Peduli Jawa Tengah dalam mengevakuasi korban banjir terkait minimnya sarana dan prasarana, seperti  perahu karet dan perahu-perahu lainnya. Di tambah kemarin bantuan perahu karet yang kita kirim ke NU Peduli Kudus, mengalami kebocoran," jelasnya.

Kondisi terkini terkait banjir saat ini sudah merendam 28 desa di 6 kecamatan di Demak hingga Kudus sebelah barat. Banjir ini disebabkan jebolnya tanggul sungai-sungai.

Bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa Tengah yang ingin menyalurkan kepedulian atas banjir di Demak dan Grobogan, kata Wibowo, dapat mengirimkan melalui nomor rekening BRI 43501000438307 a/n LAZISNU JAWA TENGAH, BSI 2000770003 a/n LAZISNU JAWA TENGAH, BNI 1411009997 a/n LAZISNU, Mandiri 1350090909928 a/n LAZISNU Jateng.

"Untuk konfirmasi lewat 08122874858," pungkas Wibowo.

Sumber: NU Online

NU Peduli
Banjir
Demak
NU Peduli
Banjir
Demak

Berita Lainnya