Tim Pesantren Hijau dari NU Care-LAZISNU bersama tim dari Inowastek dari para santriwati Ponpes Al Kenaniyah Jakarta Timur saat penyerahan bantuan sarana prasarana Program Pesantren Hijau, Ahad (16/07/2023). (Foto: NU Care/Zahramaay)

Bagikan:  

Ponpes Putri Al Kenaniyah Jakarta Mulai Terapkan Praktik Pesantren Hijau

By Zahramaay

25/07/2023

345 kali dilihat

Jakarta, NU Care
Sebelum menyerahkan bantuan sarana-prasarana Program Pesantren Hijau untuk Pesantren Mathla'ul Anwar Linahdlatil Ulama (MALNU), Menes, Pandeglang, Banten, NU Care-LAZISNU belum lama ini juga menyalurkan bantuan alat pendukung Program Pesantren Hijau untuk Pondok Pesantren Putri Al Kenaniyah, Jakarta Timur.

Beberapa peralatan yang diserahkan ​​​pada Ahad (16/07/2023) tersebut adalah tempat sampah pilah 5 set, gerobak sampah 4 unit, mesin pencacah 1 unit, komposter 2 unit, dan dropbox botol plastik 2 unit.

Ustadzah Rifka Hana Zurmaningsih, pengurus pondok putri Pesanten Al Kenaniyah menceritakan untuk promosi kesehatan dan pemilahan sampah sudah dijalankan beberapa kali.

"Kami juga sudah melakukan pemilihan botol plastik dan lainnya. Untuk progres selanjutnya insyaallah akan dilaksanakan oleh pengurus lainnya," tutur Utadzah Rifka.

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas penyerahan barang-barang penunjang dan berharap agar dapat menjalankan Program Pesantren Hijau dengan sebaik-baiknya.

Salah satu tim dari Inowastek, Adhi Susatyo yang hadir pada kesempatan tersebut menceritakan kondisi saat ini Pesantren Al Kenaniyah membutuhkan proses lebih baik lagi yaitu yang tadinya sampah hanya diangkut ke TPA sekarang harus dipilah mulai dari kelas dan asrama.

"Sampah-sampah plastik bisa di-recycle sedangkan sampah organik bisa dijadikan kompos," jelasnya setelah melakukan pengamatan di area pesantren.

Pada kesempatan tersebut tim Inowastek juga memberikan edukasi terkait penggunaan alat pengelola sampah.

Direktur NU Care-LAZISNU PBNU, Qohari Cholil menyampaikan bahwa pemberian sarana-prasarana adalah tahap akhir dari Program Pesantren Hijau.

"Pemberian alat kebersihan dan pengolahan sampah ini dimaksudkan untuk menunjang pemilahan dan pengelolaan sampah organik, anorganik, dan residu. Mudah-mudahan para penggerak dan santri yang sudah diberikan training dapat menggunakan dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Pewarta: Zahramaay
Editor: Kendi Setiawan/Wahyu Noerhadi

Pelatihan
Kerja Sama
Penyaluran Bantuan
Pesantren Hijau
Lingkungan Hidup
Ponpes Al Kenaniyah
Pengelolaan Sampah
Inowastek
Pelatihan
Kerja Sama
Penyaluran Bantuan
Pesantren Hijau
Lingkungan Hidup
Ponpes Al Kenaniyah
Pengelolaan Sampah
Inowastek

Berita Lainnya