Tim NU Peduli dari unsur LAZISNU PBNU di salah satu lokasi yang sedang dibangun Huntara untuk warga terdampak gempa di Cianjur. (Foto: NU Peduli Cianjur)

Bagikan:  

NU Peduli Terus Bangun Huntara, Masjid, Madrasah, MCK Darurat untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur 

By Kendi Setiawan

25/01/2023

122 kali dilihat

Cianjur, NU Care

NU Peduli Gempa Bumi Cianjur menyalurkan bantuan tahap keempat untuk warga terdampak gempa bumi. Bantuan berupa pembangunan fisik semi permanen fasilitas warga.

Kordinator Tim NU Peduli Gempa bumi Cianjur LAZISNU PBNU, Ending Syarifudin menerangkan, pada masa recovery atau pemulihan ini terdapat ada 53 titik yang sedang dilakukan pembangunan.

"Di antaranya yaitu 30 titik Hunian Sementara (Huntara), 8 titik masjid atau musala sementara, 5 titik madrasah sementara, 8 titik MCK, dan 2 titik sumur bor,” terangnya, pada Rabu (25/01/2023).

Dia menjelaskan realisasi pembangunan tersebut bekerja sama dengan berbagai unsur NU Peduli, seperti Lembaga Penangulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU). Sementara dana berasal dari penghimpunan LAZISNU se-Indonesia.

“Juga ada dari mitra kami yaitu Alfamart, Tokopedia, Prudential Syariah, dan donatur-donatur lainnya,” ujarnya.

Pihaknya berharap adanya bantuan ini, dapat membantu dan meringankan beban masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Cianjur.

Ketua NU Peduli Gempa Bumi PCNU Kabupaten Cianjur, Jamiludin menyampaikan ucapan terima kasih kepada para donatur khususnya LAZISNU PBNU, NU Peduli dan para mitra yang telah memberikan berbagai macam bantuan bagi warga terdampak gempa di Cianjur.

"Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini masyarakat yang terdampak sangat terbantu. Terima kasih juga kepada para donatur yang sudah respect dan sangat peduli sekali untuk membantu korban-korban bencana gempa ini,” kata Jamiludin.

Ia mengatakan kepercayaan dari para donatur akan dipegang dan dijaga. “Dan apa yang telah diberikan oleh donatur sudah kita salurkan semaksimal mungkin kepada masyarakat terdampak, dengan tepat sasaran,” ungkapnya.

Ketua PCNU Cianjur, Kiai Deden Usman mengatakan, penyerahan berbagai macam bantuan dari PBNU diserahkan secara simbolis melalui NU Peduli Gempa Bumi PCNU Kabupaten Cianjur kepada warga setempat di beberapa kecamatan terdampak di Kabupaten Cianjur.

Alhamdulillah atas dukungan dan support dari LAZISNU PBNU, PCNU Cianjur melalui NU Peduli Gempa Bumi Cianjur telah membangun banyak fasilitas yang diperlukan oleh warga terdampak,” ucap kiai lulusan Lirboyo Kediri, Jawa Timur.

Kiai Deden menegaskan, PCNU Kabupaten Cianjur terus berupaya dan berkomitmen dalam membantu masyarakat yang sangat membutuhkan, terutama hunian, sarana ibadah, logistik dan fasilitas lainnya.

“Mohon doa dan dukungannya dari masyarakat, semoga NU bisa terus membantu masyarakat untuk melewati masa transisi, sehingga Cianjur segera pulih dan bangkit,” ujarnya optimis.

Sebelumnya, NU Peduli melalui LAZISNU PBNU telah 3 tahap menyalurkan bantuan dampak gempa bumi Cianjur. Tahap Pertama berupa makanan siap saji kerja sama dengan Tokopedia. Tahap kedua berupa logistik senilai 200 juta rupiah. Tahap ketiga senilai 150 juta rupiah. 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Wahyu Noerhadi

Program Kebencanaan
PascaGempa
RECOVERY
NU Peduli
Masjid
Pembangunan
MCK
Madrasah
Huntara
Cianjur
Program Kebencanaan
PascaGempa
RECOVERY
NU Peduli
Masjid
Pembangunan
MCK
Madrasah
Huntara
Cianjur

Berita Lainnya