Bagikan:  

NU Care Cilacap Berbagi Tata Kelola Koin NU ke Enam LAZISNU di Sulawesi Selatan

By Kendi Setiawan

11/04/2021

343 kali dilihat

Cilacap, NU Care

Untuk kesekian kalinya tim NU Care-LAZISNU Cilacap menjadi acuan pembelajaran NU Care-LAZISNU kabupaten lainnya. Terbaru, NU Care-LAZISNU se-Sulawesi Selatan mengundang NU Care-LAZISNU Cilacap dalam Pelatihan Manajemen LAZISNU, Sabtu (10/04/2021).

Pelatihan secara virtual juga diikuti oleh para pengurus LAZISNU Pinrang, Sidrap, Soppeng, Wajo, Makassar, Bantaeng, serta para mahasiswa Zakat dan Wakaf IAIN Parepare.

Pelatihan terutama mengupas tata kelola LAZISNU, sumber dan peruntukan dana yang terkumpul melalui program Koin NU.

"Ketua NU Care-LAZISNU Cilacap, Wasbah Samudra Fawaid memaparkan program Koin NU dan fundraising. Sedangkan saya, menyampaikan manajemen pengelolaan LAZINU Cilacap," kata Manajer NU Care-LAZISNU Cilacap, Ahmad Fauzi.

Diketahui, program Koin NU yang digerakkan NU Care-LAZISNU Cilacap terhitung berhasil dengan raihan rata-rata per bulan di atas satu miliar rupiah. Keberhasilan itu terutama karena kekompakan Nahdliyin dan pengurus NU beserta banom dan lembaganya. 

Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU Kota Parepare Andi Haswan Saddade mengaku terkesan dengan pelatihan tersebut. "Kesannya sangat luar biasa ilmu yang diberikan sangat memberikan insight yang besar khususnya kami yang sedang mengurus LAZISNU di tingkat Kabupaten/Kota Sulawesi Selatan," ujarnya.

Ia mengatakan ada beberapa hal yang dipelajari dalam pelatihan tersebut, di antaranya proses perekrutan pengumpul Koin NU. Setelah pelatihan tersebut pihaknya akan melakukan hal yang sama dengan menyesuaikan kondisi di daerahnya.

"Targetnya semoga bisa maksimal pembagian kaleng Koin NU 1000 per bulan, karena kami akan tetap melakukan perlahan seperti pesan pemateri tadi," ujarnya.

Ia menambahkan untuk penerapan dari pemaparan materi narasumber, nantinya akan dimulai dari perencanaan program, baik program tahunan maupun lima tahunan.

"Khusus untuk Koin NU NU akan segera kembali mengaktifkan dan menambah jumlah kaleng Koin untuk didistribusikan kepada muzakki. Target ke depan LAZISNU Kota Parepare bisa beroperasi secara MANTAP (Modern, Amanah, Transparan, dan Profesional), sehingga dapat menjadi LAZISNU yang terpercaya khususnya di Kota Parepare," harapnya.

Ketua LAZISNU Kota Parepare, HM Shodiq Asli Umar mengatakan bahwa  acara ini sangat bermanfaat, apalagi diikuti beberapa Ketua LAZISNU di Sulawesi Selatan. "Ini adalah momen tepat, apalagi menghadapi bulan suci Ramadhan, yang terpenting  terlibat LAZISNU harus sepenuh hati untuk kerja-kerja keumatan," kata H Shodiq.

Ia pun menceritakan sebagai Ketua LAZISNU Kota Parepare, memulai gerakan ZISNU dengan  modal semangat tanpa ragu. Ia teringat nasihat dari Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari, 'Siapa yang ngurusin NU maka dia adalah santriku. "Jadi jangan ragu-ragu sedikit pun mengurusi NU, insyaallah ada berkahnya dari para masyayikh pendiri NU," pungkasnya.

Editor: Kendi Setiawan

Gerakan Koin NU
Manajemen
Cilacap
Fundraising
Gerakan Koin NU
Manajemen
Cilacap
Fundraising

Berita Lainnya