Drektur NU Care-LAZISNU PBNU, Qohari Cholil menyampaikan sambutan pelantikan LAZISNH PWNU Lampung, Senin (21/10/2024). (Foto: NU Care-LAZISNU)

Bagikan:  

Hadir di Lampung, Direktur Sampaikan 5 Pilar Program NU Care agar Dilanjutkan

By Kendi Setiawan

21/10/2024

Bandar Lampung, NU Care
Direktur NU Care-LAZISNU PBNU, H Qohari Cholil menghadiri pelantikan pengurus LAZISNU Lampung masa khidmah 2024-2029 di Hotel Kyriad Bandar Lampung, Senin (21/10/2024).

Pada kesempatan tersebut, Qohari menyampaikan pentingnya lima pilar program LAZISNU yang menjadi fondasi utama dalam menggerakkan kegiatan filantropi dan pemberdayaan umat di seluruh Indonesia.    

Kelima pilar ini memiliki peran yang strategis dalam membangun kesejahteraan umat, baik melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, ekonomi, maupun pelestarian lingkungan.    

Adapun kelima pilar program tersebut yang pertama adalah NU Care Cerdas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui program beasiswa, pelatihan, dan peningkatan fasilitas pendidikan.

"Fokus utamanya adalah menjamin akses pendidikan yang merata, terutama bagi siswa yatim, dhuafa, dan berprestasi," kata Qohari dikutip dari NU Online Lampung.  

Kedua, NU Care Berdaya, yaitu program berfokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama melalui pengembangan kewirausahaan berbasis zakat produktif. "Program ini mendorong kemandirian ekonomi dengan membentuk usaha-usaha mikro yang dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan umat," ujarnya.

Ketiga, NU Care Sehat, yaitu LAZISNU berupaya meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat, terutama kalangan yang kurang mampu. Program ini mencakup layanan kuratif serta langkah-langkah preventif untuk menjaga kesehatan umat.  

Keempat, NU Care Damai, yaitu program merupakan pilar yang berfokus pada misi kemanusiaan dan dakwah Islam Ahlussunnah wal Jama'ah. "Program ini mencakup bantuan kebencanaan dan layanan sosial lainnya, yang disalurkan secara sistemik dengan melibatkan berbagai mitra," sebutnya.

Kelima, yaitu NU Care Hijau, yaitu pilar ini menitikberatkan pada pelestarian lingkungan dan sumber daya alam. NU Care Hijau bertujuan untuk menjaga keberlanjutan alam dan mempromosikan pemanfaatan sumber daya alam yang bijaksana demi kelangsungan hidup masyarakat. 

Qohari yang juga Wakil Ketua LAZISNU PBNU ini menekankan pentingnya keberlanjutan program-program tersebut di setiap daerah, termasuk Lampung, untuk memberikan dampak yang lebih signifikan bagi umat.  

Pelantikan ini juga menandai dimulainya tugas baru untuk Ketua LAZISNU PWNU Lampung, yaitu H A Jalaluddin, yang siap mengemban amanah dalam menjalankan program-program strategis filantropi LAZISNU di Provinsi Lampung. 

Editor: Kendi Setiawan

Pelantikan
Lampung
Manajemen
tata kelola
pengukuhan pengurus
Pelantikan
Lampung
Manajemen
tata kelola
pengukuhan pengurus

Berita Lainnya