Bantuan tenda dan mushala darurat untuk memudahkan warga di pengungsian mudah menjalankan aktivitas ibadah.

Bagikan:  

Bersama BPKH, NU Care Salurkan Tenda dan Masjid Darurat Bantu Warga Malang Jawa Timur

By Kendi Setiawan

03/05/2021

226 kali dilihat

Malang, NU Care

NU Care-LAZISNU dan BPKH RI menyalurkan bantuan untuk warga terdampak gempa bumi di Malang, Jawa Timur. Melalui Program Kemaslahatan bantuan berupa 45 unit tenda darurat untuk hunian warga dan 5 unit masjid darurat. 

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto, dan dihadiri Camat Ampel Gading, Kepada Desa Sonowangi, Sabtu (1/5).

Dalam sambutannya Gatot mengucapkan terima kasih kepada BPKH dan NU Care-LAZISNU yang telah membantu warga terdampak gempa. Ia berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan bantuan dengan baik.

Koordinator Program Kemaslahatan NU Care-LAZISNU dan BPKH, M Wahib mengatakan gempa bumi di selatan Kabupaten Malang pada tanggal 10 April 2021 mengakibatkan 3 orang meninggal dunia, 54 orang luka ringan, 882 jiwa mengungsi di enam titik pengungsian.

Sementara  kerugian materil, sebanyak 1.051 unit rumah rusak ringan, 625 unit rumah rusak sedang, 688 unit rumah rusak berat, 167 sarana pendidikan rusak, 9 unit fasilitas Kesehatan rusak, 45 unit tempat ibadah rusak, 13 unit fasilitas umum lainnya rusak.

Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Malang di antaranya adalah menetapkan status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi, melakukan koordinasi lintas sektor. Tim Gabungan BPBD, TNI, POLRI, OPD Teknis serta relawan ke lokasi untuk melakukan penanganan darurat bencana. Pendirian posko tanggap darurat bencana juga sudah dilakukan dengan mendirikan Pos Pengungsian, Pos Dapur Umum, Pos Bantuan Logistik.

"Sebagai mitra kemaslahatan Badan Pengelolaan Keuangan Haji Republik Indonesia (BPKH RI), NU Care-LAZISNU memiliki tugas dan fungsi mitra untuk melaksanakan dan membantu pelaksanakaan kegiatan di berbagai bidang, di antaranya bantuan kedaruratan dan dampak bencana," kata Wahib Ahad (2/5) di Jakarta.

Ia mengatakan Tim NU Care-LAZISNU telah melakukan aksi penanganan darurat dan rapid asesmen dan koordinasi dengan parapihak. "Hal ini dilakukan untuk memastikan data yang diajukan sesuai dengan kebutuhan yang ada di lapangan," ujar Wahib 

Editor: Kendi Setiawan

Bantuan
gempa bumi
Malang
Bantuan
gempa bumi
Malang

Berita Lainnya