Sekretaris LAZISNU PBNU, Moesafa (tengah).

Bagikan:  

Ramadhan, LAZISNU dan LD PBNU Kirim Dai ke Korsel

By Kendi Setiawan

19/03/2023

268 kali dilihat

Jakarta, NU Care
Menyemarakkan dakwah Ramadhan 1444 Hijriah, Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LAZISNU PBNU) akan mengirimkan para dai ke Korea Selatan. 

"Program bekerja sama dengan Lembaga Dakwah (LD) PBNU ini adalah bagian dari upaya Nahdlatul Ulama untuk memenuhi kebutuhan peningkatan peribadatan masyarakat Muslim Indonesia yang berada di luar negeri, khususnya di sepanjang bulan Ramadhan," kata Sekretaris LAZISNU PBNU, Moesafa.

Moesafa menjelaskan program Pengiriman Dai ke Luar Negeri merupakan usulan dari LD PBNU, yang memiliki tugas pokok melakukan dakwah ke berbagai tempat dan sasaran. LAZISNU sebagai lembaga filantropi di lingkungan NU memberikan dukungan dana pada program tersebut senilai Rp333 juta.

"Pada momentum Ramadhan ini Lembaga Dakwah PBNU mempunyai program pengiriman dai-dai ke luar negeri. Sementara LAZISNU sendiri merupakan lembaga yang bergerak di bidang filantropi maka LAZISNU memberikan dukungan untuk program ini dengan bantuan dana lebih dari 300 juta rupiah, yang diambil dari pos fisabilillah," bebernya.

Ke negeri gingseng itu, sebanyak 13 dai LD PBNU dikirimkan bersama 3 orang pendamping.

Selain para dai yang diberangkatkan, ada pula tim monitoring yang akan dilibatkan dari unsur PBNU sendiri, LDNU dan juga LAZISNU untuk menjalankan pengawasan sekaligus melakukan hal-hal yang dianggap perlu untuk ditindaklanjuti dari agenda program ini.

Pilihan Korea Selatan sebagai salah satu negara yang disasar pada pengiriman dai, kata dia karena banyak Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi pekerja migran dan membutuhkan peningkatan ibadah di bulan Ramadhan.

"Untuk peningkatan ibadah di bulan Ramadhan itu sangat dibutuhkan sumber daya da’i yang bisa memberikan pemahaman dan pencerahan terkait pelajaran-pelajaran keagamaan Islam. Juga terkait dengan kesiapan dari Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) yang ada di negara tersebut,” papar Moesafa.

Nahdlatul Ulama, lanjutnya, sudah mengalami penyebaran dan memiliki kepengurusan di beberapa negara yang berstatus sebagai PCINU. "Dan dari para pengurus PCINU ini yang sebetulnya melakukan inisiasi dan penyiapan fasilitas atas pengiriman da’i yang akan dilakukan di bulan Ramadhan ini,” imbuhnya.

Pihaknya menegaskan, program Pengiriman Dai ke Luar Negeri merupakan sinergi lembaga dan Banom di lingkungan PBNU, yang di antaranya turut terlibat Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU), LAZISNU, Lembaga Takmir Masjid PBNU, dan Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi).

"Tiap-tiap lembaga dan Banom NU itu bersinergi untuk menjalankan atau terlibat dalam program yang akan dilaksanakan di bulan Ramadhan ini," pungkasnya.

Pewarta: Wahyu Noerhadi
Editor: Kendi Setiawan

Dakwah
Kerja Sama
LDNU
NU Care-LAZISNU
Ramadhan
Da'i Ramadhan
Korea Selatan
Dakwah
Kerja Sama
LDNU
NU Care-LAZISNU
Ramadhan
Da'i Ramadhan
Korea Selatan

Berita Lainnya