Penyerahan secara simbolis bantuan UMKM NU Care-LAZISNU dan MTT kepada pemilik angkringan di Semarang. (Foto: Dok NU Care Jateng)
 

Bagikan:  

Pedagang Angkringan di Semarang Terima Gerobak UMKM NU Care-LAZISNU Jateng dan MTT

By Kendi Setiawan

21/05/2024

127 kali dilihat

Semarang, NU Care
NU Care-LAZISNU Jawa Tengah menyalurkan bantuan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) angkringan. Program kerja sama dengan 
Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) Regional Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini menyasar pedagang angkringan di Jalan Sidodadi Timur, wilayah kampus Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang (UPGRIS), Semarang, Jawa Tengah.

Bantuan berupa gerobak dan modal usaha tersebut diberikan kepada pemilik angkringan, Hasan Bisri, seorang warga Desa Ngelo Kulon RT004/RW001, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Staf Program NU Care-LAZISNU Jateng Mustofa mengatakan, pemberadayaan ini berupa bantuan gerobak angkringan dan modal usaha yang diberikan pada Senin (13/05/2024).

"Total bantuan senilai Rp3 juta dengan rincian, Rp2,5 juta berupa gerobak dan peralatan usaha serta Rp500 ribu berupa modal usaha,” ujar Mustofa kepada NU Online, Senin (20/05/2024).

Adapun tujuan pemberdayaan ini untuk meningkatkan akses masyarakat kepada modal usaha tanpa bunga, menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan masyarakat dan mendorong transformasi mustahiq menjadi munfiq.

"Sehingga penerima manfaat ke depan mampu berinfak setiap hari melalui kotak infak yang disediakan. Diharapkan pemberdayaan ekonomi periode mendatang untuk orang lain yang memenuhi syarat,” jelas Mustofa.

Dalam melakukan pemberdayaan ekonomi ini, NU Care-LAZISNU Jateng memiliki syarat tertentu bagi penerima manfaat.

Pertama, penerima manfaat sudah berpengalaman dalam mengelola UMKM. Kedua, penerima manfaat telah diverifikasi oleh LAZISNU Jateng berupa profil pribadi, keluarga, kelayakan rumah, serta kepemilikan harta dan usaha.

“Yang terakhir (ketiga) bersedia menjadi mitra binaan LAZISNU Jateng dan bersedia berinfak melalui Koin Warung Nusantara,” tambahnya.

Kontributor: Ahmad Solkan
Editor: Kendi Setiawan

Bantuan
Kerja Sama
UMKM
Gerobak Usaha
MTT Telkomsel
NU Care-LAZISNU Jateng
Kemandirian Ekonomi
Semarang
Bantuan
Kerja Sama
UMKM
Gerobak Usaha
MTT Telkomsel
NU Care-LAZISNU Jateng
Kemandirian Ekonomi
Semarang

Berita Lainnya