Ketua LAZISNU PBNU, Habib Ali Hasan Al Bahar. (Foto: Dok NU Online)

Bagikan:  

Ketua LAZISNU PBNU Ajak Masyarakat Validasi Berita-berita terkait Konflik di Palestina

By Kendi Setiawan

10/10/2023

320 kali dilihat

Jakarta, NU Care
Ketua LAZISNU PBNU, Habib Ali Hasan Al Bahar menegaskan pentingnya kehati-hatian dalam mengelola dan memvalidasi informasi yang diterima terkait situasi di Palestina. Ia mengajak media untuk berhati-hati dalam menyebarkan informasi yang dapat memengaruhi pandangan masyarakat.

"Dalam situasi seperti ini, kita sangat berhati-hati terkait dengan kevalidan informasi. Saya juga mengajak media untuk berhati-hati dalam memberikan informasi, karena di tengah konflik, mendapatkan informasi yang benar tidak selalu mudah," ujarnya Selasa (10/10/2023) di Jakarta.

Dalam menghadapi konflik Palestina-Israel, LAZISNU PBNU berinisiatif menyalurkan bantuan untuk warga di Jalur Gaza, sebab menurutnya persoalan tersebut masuk ranah kemanusiaan. Habib Ali menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan langkah-langkah untuk memastikan keamanan kemanusiaan di Palestina. Mereka telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk memantau situasi terbaru.

"Kami telah mengirim surat untuk memastikan informasi terbaru dan tingkat keamanan kemanusiaan di Palestina. Kami ingin memastikan situasi di sana," terangnya.

Ia mengungkapkan bahwa pihak Kedutaan Palestina sangat mengapresiasi sikap solidaritas yang ditunjukkan oleh pemerintah Indonesia, masyarakat umum, dan organisasi Islam. Ia menegaskan bahwa upaya mendukung kemanusiaan di Palestina akan terus dilakukan.

"Pihak Kedutaan Palestina sangat bangga dengan dukungan yang diberikan oleh pemerintah, masyarakat, dan organisasi Islam di Indonesia. Kami akan terus berupaya secepat mungkin untuk membantu kemanusiaan di Palestina. Mohon tunggu untuk informasi lebih lanjut," katanya.

Dalam konteks ini, ia juga mengingatkan bahwa Indonesia memiliki sejarah perjuangan yang kuat dalam mencapai kemerdekaan, dan kemerdekaan merupakan salah satu nilai yang dijunjung tinggi.

"Kita pernah punya pengalaman dijajah sehingga semua upaya untuk mendapatkan kemerdekaan menjadi fokus kami. Ini adalah muqadimah, pendahuluan dari Undang-Undang Dasar kita," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, LAZISNU PBNU mengajak masyarakat untuk menyalurkan bantuan sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan warga Palestina. Solidaritas saudara semua dapat disalurkan melalui tautan nucare.id/program/pedulipalestina

Selain itu bantuan dapat juga disalurkan melalui rekening berikut:
BCA 0680 1926 77
An. Yay. Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah NU

BSI 7015 654 583
An. PP LAZIS NU NON ZAKAT

Editor: Kendi Setiawan/Wahyu Noerhadi

Bantuan
PBNU
Kemanusiaan
Palestina
Israel
Ketua LAZISNU
Habib Ali Hasan Al Bahar
Bantuan
PBNU
Kemanusiaan
Palestina
Israel
Ketua LAZISNU
Habib Ali Hasan Al Bahar

Berita Lainnya