JPZIS dan UPZIS Nahdlatul Ulama sebagai kepanjangan tangan dari NU Care-LAZISNU Banyumas, telah terbentuk secara resmi di Kecamatan Purwokerto Barat, Banyumas.

Bagikan:  

Jalankan Visi Misi LAZISNU, JPZIS dan UPZIS Resmi Terbentuk di Purwokerto Barat

By Noerhadi

15/11/2021

1782 kali dilihat

Purwokerto, NU Care

Jaringan Pengelola Zakat Infak dan Sedekah (JPZIS) dan Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah (UPZIS) Nahdlatul Ulama telah terbentuk secara resmi di Kecamatan Purwokerto Barat, Banyumas.

JPZIS dan UPZIS NU telah mendapatkan SK dan izin operasional pada 22 Oktober 2021 bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional. Sementara untuk soft launching-nya telah dilaksanakan pada 27 Oktober 2021 lalu.

Penasihat JPZIS dan UPZIS NU Kecamatan Purwokerto Barat, Djarmanto, mengatakan kedua jaringan atau unit memiliki legalitas resmi sesuai perundang-undangan yang mengatur Lembaga Amil Zakat (LAZ).

“Kedua lembaga yang terbentuk ini merupakan kepanjangan tangan dari PC LAZISNU Banyumas,” jelasnya pada Minggu (13/11/2021).

Menurut Djarmanto, JPZIS dan UPZIS NU menerima SK dan izin operasional dari Ketua PC NU Care-LAZISNU Banyumas, KH Ridwan.

“JPZIS dan UPZIS mengemban amanah wajib untuk menjalankan visi dan misi LAZISNU. Ada empat pilar program NU Care-LAZISNU yakni pendidikan, kesehatan, siaga bencana, dan ekonomi. Semuanya sebagai bentuk ikhtiar syiar percepatan kemaslahatan umat, kemandirian warga, kepekaan sosial kemanusiaan, membantu anak yatim piatu, duafa, lansia sakit menahun, dan lainnya,” papar Djarmanto.

Dia mengatakan bahwa kebersamaan dalam pembentukan JPZIS dan UPZIS NU bisa terealisasi karena bentuk dukungan dari tokoh agama dari unsur NU dan tokoh masyarakat mulai RT, RW, kelurahan sampai Kecamatan Purwokerto Barat.

“Semuanya bersinergi dan guyub rukun dalam menjalankan tugasnya masing-masing,” katanya.

Pada pekan lalu, tepatnya 5 November 2021, telah dilaksanakan pembagian sembako di Kelurahan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat.

“Para penerima adalah kaum duafa, janda, anak yatim dan lansia sakit menahun. Kami juga membuka zakat, infak dan sedekah melalui JPZIS Beres (Berkah Remen Silaturahmi) NU Care-LAZISNU Purwokerto Barat dengan Bank Syariah Indonesia nomor rekening 26 0006 0007, atas nama JPZIS Beres Purwokerto Barat, Banyumas,” pungkasnya.

Editor: Elde Joyosemito

Sumber: purwokerto.inews.id

Sinergi
UPZIS
Peresmian
Banyumas
JPZIS
Purwokerto Barat
Sinergi
UPZIS
Peresmian
Banyumas
JPZIS
Purwokerto Barat

Berita Lainnya