Serah terima bantuan mobil operasional pelayanan bagi jamaah haji dari BPKH RI bersama LAZISNU PBNU di Asrama Haji Embarkasi Antara Bengkulu, Kamis (24/11/2022).

Bagikan:  

BPKH Gandeng LAZISNU PBNU Salurkan Mobil Layanan bagi Jamaah Haji di Bengkulu

By Noerhadi

24/11/2022

186 kali dilihat

Jakarta, NU Care

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) RI bersama NU Care-LAZISNU PBNU melalui Program Kemaslahatan menyalurkan bantuan mobil operasional pelayanan bagi jamaah haji di Bengkulu. Bantuan berupa satu unit mobil Toyota Hiace Commuter diserahkan kepada Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, di Asrama Haji Embarkasi Antara Bengkulu, pada Kamis (24/11/2022).

Bantuan tersebut sesuai dengan komitmen BPKH RI dalam menyalurkan nilai manfaat dari hasil Dana Abadi Umat (DAU) yang sebagaimana diatur dalam PP No 5 Tahun 2018 tentang pelaksanaan Undang-Undang No 34 Tahun 2014 terkait pengelolaan keuangan haji dan diatur dalam PBPKH No 7 tentang prioritas kegiatan kemaslahatan, yang salah satunya ialah bidang pelayanan ibadah haji.

Deputi Kesekretariatan Badan dan Kemaslahatan BPKH RI, Emir Rio Krishna menegaskan bahwa dana yang digunakan dalam proses pengadaan mobil itu tidak bersumber dari setoran awal jamaah haji. “Melainkan dana bagi hasil atau nilai pengembangan Dana Abadi Umat yang ditujukan untuk kemaslahatan umat sesuai dengan asas prinsip syariah, kehati-hatian, nirlaba, transparan, dan akuntabel,” tegas Emir dalam sambutannya.

Pihaknya berharap dengan adanya sarana yang memadai tentunya akan memudahkan dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji.

“Kami berharap, mobil pelayanan yang sudah diberikan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan dari ibadah haji, khususnya jamaah hadi dari Provinsi Bengkulu,” harapnya.

Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU, Qohari Cholil yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPKH yang telah mengamanatkan NU Care-LAZISNU PBNU sebagai Mitra Kemaslahatan.

“Terima kasih kepada BPKH yang telah hadir melalui Program Kemaslahatan dan Kemenag RI Provinsi Bengkulu yang telah bersama-sama berkolaborasi dalam mewujudkan bantuan mobil Pelayanan Ibadah Haji ini. Semoga menjadi berkah dan membawa kemaslahatan bagi umat,” ucap Qohari.

Sementara itu, Pelaksana Harian Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu H Ramlan mengungkapkan, pelayanan haji di Provinsi Bengkulu mendapat indeks pelayanan tertinggi, dan dengan adanya bantuan tersebut akan meningkatkan pelayanan terhadap calon jamaah haji.

“Pelayanan haji di Bengkulu mendapatkan indeks pelayanan tertinggi. Insya Allah hadirnya bantuan mobil dari BPKH dan LAZISNU ini akan meningkatkan pelayanan terhadap calon dan jamaah haji di Provinsi Bengkulu, juga tingkat nasional,” ungkap Ramlan.

Turut hadir pada acara serah terima bantuan mobil, Kepala Asrama Haji Embarkasi Antara Bengkulu H Intihan, Kasubbag Administrasi dan Keuangan Asrama Haji Embarkasi Bengkulu, serta jajaran pengurus-manajemen dari BPKH RI.

Pewarta: Umdatul Qori
Editor: Wahyu Noerhadi

PBNU
Kerja Sama
NU Care-LAZISNU
BPKH
Kemenag
Penyaluran Bantuan
Bengkulu
Program Kemaslahatan
PBNU
Kerja Sama
NU Care-LAZISNU
BPKH
Kemenag
Penyaluran Bantuan
Bengkulu
Program Kemaslahatan

Berita Lainnya