Sumur galian yang dibangun NU Care-LAZISNU Cilacap Jawa Tengah untuk penuhi kebutuhan air bersih warga Huntara terdampak kekeringan dan bencana tanah bergerak. (Foto: LAZISNU Cilacap)

Bagikan:  

Bangun Sumur Gali, LAZISNU Cilacap Penuhi Kebutuhan Air Puluhan KK Terdampak Tanah Bergerak dan Kekeringan

By Kendi Setiawan

18/09/2023

177 kali dilihat

Cilacap, NU Care
NU Care-LAZISNU Cilacap Jawa Tengah menyelesaikan pembangunan sumur galian di sekitar hunian sementara (Huntara) warga terdampak bencana alam tanah bergerak di Desa Karanggintung, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap. 

Pembangunan sumur tersebut bersinergi dengan PLN Indonesia Power PLTU Adipala sebagai bagian dari program Tanggap Bencana. ​​Bantuan juga termasuk bantuan jangka panjang dalam pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga di Huntara tersebut.

Direktur NU Care-LAZISNU Cilacap, Ahmad Fauzi menyatakan program sumur gali tersebut untuk mencukupi kebutuhan air bersih untuk 24 (dua puluh empat) kepala keluarga di Huntara warga terdampak tanah bergerak di Desa Karanggintung, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap.

Menurutnya, selama ini kebutuhan air bersih di Huntara belum tercukupi dan masih harus dibantu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap. Selain itu, di dekat permukiman Huntara juga baru ada satu sumur bor. "Sehingga sangat tidak mencukupi untuk kebutuhan 24 keluarga dan perlu dibuatkan sumur lagi," ujarnya pada Sabtu (16/09/2023).

Dia mengatakan, total biaya pembuaatan sumur gali tersebut mencapai Rp12.210.000. Sedangkan proses pembuatan sumur gali tersebut memakan waktu hampir satu bulan karena dikerjakan secara manual oleh tukang gali sumur lokal. "Di samping itu, karena faktor kerasnya batu di dalam tanah yang mengakibatkan proses pembuatan sumur memakan waktu cukup lama," ujar Fauzi.

Fauzi berharap, sumur gali tersebut dapat berfungsi dengan baik dan bisa mencukupi kebutuhan air bersih bagi 24 keluarga penghuni Huntara. "Intinya semoga bermanfaat bagi keluarga penghuni Huntara," tambahnya

Ia juga mengajak masyarakat khususnya Nahdliyin yang ingin berinfak, sedekah dan zakat melalui NU Care-LAZISNU Cilacap. "Nantinya akan disalurkan kepada masyarakat kembali dalam bentuk program-progam untuk membantu masyarakat yang kesusahan. Seperti bantuan sumur gali ini," ujarnya.

"Zakat, infak, dan sedekah dapat disalurkan melalui rekening BSI nomor 7128 2188 87; Bank BRI di nomor 0106 01 000667 567 atan nama LAZISNU Cilacap. Informasi dan konfirmasi dapat menghubungi 081228221010," pungkasnya.

Program Kebencanaan
Kekeringan
Kerja Sama
air bersih
Cilacap
Huntara
PLN Indonesia Power PLTU
Tanah Gerak
Program Kebencanaan
Kekeringan
Kerja Sama
air bersih
Cilacap
Huntara
PLN Indonesia Power PLTU
Tanah Gerak

Berita Lainnya