Aksi Sejuta Santri untuk Eti

Infografis oleh: Albaulqony

Aksi 1 juta santri untuk Eti, seorang TKI yang divonis hukuman mati di Saudi. Untuk bebas, Eti harus bayar denda senilai Rp20 miliar. Dengan donasi Rp20 ribu, kita sejuta santri bisa menyelamatkannya. Mari bersama kita selamatkan Eti dari eksekusi mati!

0%
telah terkumpul untuk target
Rp. 100.000.000
berakhir dalam 44 hari


Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Blok Cikareo, Rt 01/02, Desa Cidadap, Kecamatan Cingambul, Majalengka, Jawa Barat yaitu Eti binti Toyib terjerat kasus hukum di Arab Saudi. Eti divonis hukum mati sebab ia membela diri dari perlakuan majikannya. Eti berpeluang bebas dari vonis tersebut dengan syarat membayar diyat (kompensasi) sebesar Rp20 miliar kepada keluarga ahli waris korban.

Dalam rangka solidaritas kemanusiaan, PBNU melalui NU Care-LAZISNU mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama meringankan beban Eti dalam membayar diyat.

"Kita mengajak masyarakat memberikan perhatian dengan membantu meringankan masalah TKI, khususnya untuk membayar diyat Eti sebesar 5 juta real atau Rp20 miliar," ajak Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj, di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Selasa (6/11).

Kiai Said pun mengimbau kepada pengurus dan anggota Nahdlatul Ulama dan masyarakat umum agar berdonasi untuk Eti.

"Kepada pengurus dan anggota Nahdlatul Ulama dan masyarakat di manapun berada, kiranya dapat membantu dan memberikan donasinya untuk menyelamatkan Ibu Eti melalui rekening BNI 1164.192618 a.n PP LAZISNU," imbau Kiai alumnus Ummul Qura Mekkah, Arab Saudi ini.

Ketua NU Care-LAZISNU, Achmad Sudrajat menyatakan, setelah donasi terkumpul akan diserahkan kepada duta besar Indonesia untuk Arab Saudi melalui Kementerian Luar Negeri.

Infografis oleh: Albaulqony

"Jika uang sudah terkumpul, berapa pun itu, kita langsung berkomunikasi dengan duta besar di sana melalui Kemenlu. Sebab informasi yang saya dapat, batas waktu membayar denda sampai bulan Ramadan tahun 2019. Kalau tidak berhasil maka kembali ke hukuman eksekusi," jelas Ajat, biasa disapa.

Oleh karena itu, sambungnya, upaya membantu Eti merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan spirit kemanusiaan. Sebab, selain pertaruhan nama bangsa, solidaritas ini juga merupakan nilai kehidupan nyata seorang manusia.

Kita tunjukkan solidaritas ini dengan lebih fokus pada kemanusiaan, tanpa melihat sekat-sekat apa pun karena (kita) bicara kemanusiaan. Selamatkan saudara kita, Bu Eti dari eksekusi mati!

Aksi 1 juta santri untuk Eti, dengan donasi Rp20 ribu, Anda menjadi bagian dari Duta Kemanusiaan untuk Eti. Mari bergabung bersama #Aksi1JutaSantriuntukEti

#NUPeduliTKI #NUPeduli #NUCare #SaveEti #KamiBersamaEti

"Mari berzakat, infak, dan sedekah. Kapan lagi kalau tidak sekarang? Kapan lagi kalau tidak kita mulai saat ini?"

(KH. Said Aqil Siroj - Ketua Umum PBNU)

chat dengan kami via whatsapp