Bagikan:  

NU Peduli Covid-19 Distribusikan 100 Ribu Paket Sembako untuk Warga Terdampak Corona

By Admin

02/04/2020

831 kali dilihat

Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19, yang dibentuk oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah membuat membuat langkah-langah strategis dalam penanganan dampak ekonomi, terkhusus bagi masyarakat ekonomi lemah dan rentan terdampak Corona.

Direktur NU Care-LAZISNU, Abdur Rouf, mengatakan bahwa NU Care-LAZISNU sebagai Satgas NU Peduli Covid-19 siap melakukan penanganan atas dampak ekonomi warga terdampak Corona, yakni dengan menyalurkan bantuan 100 ribu sembako dan 500 ribu nasi bungkus.

“NU Peduli Covid-19 menargetkan pemberian satu juta masker, 500 ribu nasi bungkus, dan 100 ribu sembako per KK, yang didistribusikan secara bertahap di sejumlah titik yang mengalami dampak ekonomi terparah seperti DKI Jakarta. Hal itu dilakukan dengan menggandeng berbagai mitra seperti Alfamart dan beberapa pihak lainnya,” tutur Rouf, Kamis (2/04).

Rouf menjelaskan, penyaluran bantuan akan difokuskan bagi para pekerja informal, antara lain tukang ojek, sopir angkot, sopir taksi, pedagang kaki lima (PKL), guru ngaji, marbot masjid, penyandang disabilitas, dan lainnya.

NU Peduli Covid-19, lanjutnya, juga telah melakukan sosialisasi dan edukasi soal Covid-19 dengan berbagai media seperti brosur, pamplet, Covid-19 Car, dan lainnya.

“Juga penyemprotan disinfektan di tempat–tempat ibadah, pesantren, tempat pendidikan, rumah warga. Sabun cuci tangan juga diberikan ke masjid-masjid, musala, dan pesantren; pemberian hand sanitizer, masker untuk masyarakat terdampak, serta pemberian alat pelindung diri (APD) untuk rumah sakit,” paparnya.

Dirinya mengungkapkan, Satgas NU Peduli Covid-19 telah terbentuk di seluruh Indonesia, baik di tingkat PWNU (provinsi), PCNU (kabupaten/kota), pondok pesantren dan komunitas-komunitas NU. Tujuannya, kata Rouf, untuk melakukan langkah promotif-preventif, kuratif, sosial ekonomi, dan melakukan koordinasi.

Kegiatan Satgas NU Peduli, imbuhnya, itu sudah berlangsung sebelum Presiden Jokowi mengeluarkan darurat kesehatan masyarakat.

“Kami menyadari bahwa penularan wabah ini banyak melalui aktivitas sehari-hari di masyarakat. Karena itu, NU bersama masyarakat harus menjadi garda terdepan mencegah penularan wabah ini dan membuat agar masyarakat tidak panik,” ujarnya.

Rouf menambahkan, NU Peduli Covid-19 juga menyosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai salah satu ujung tombak pencegahan serta menyosialisasikan pentingnya social distancing dan physical distancing.

“Kami berharap Pemerintah dapat berkolaborasi dengan NU, mendukung gerakan-gerakan dan kegiatan-kegiatan yang sudah dijalani NU agar pencegahan di masyarakat bisa lebih kuat dan menyebar di berbagai daerah,” pungkasnya.

Sumber: SindoNews

PAKET SEMBAKO
Bantuan Ekonomi
Virus Corona
NU Peduli Covid-19
PAKET SEMBAKO
Bantuan Ekonomi
Virus Corona
NU Peduli Covid-19

Berita Lainnya