Komitmen NU Bangun Pendidikan dari Aceh hingga Papua

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Senin, 16 Juli 2018 / ٣ ذو القعدة ١٤٣٩
Seorang siswa SD Al-Ma'arif 01 Klabinain, Maibo, Sorong.

Oleh: Nur Rohman*

Komitmen Nahdlatul Ulama dalam menjaga dan merawat Indonesia tidak diragukan lagi. Komitmen itu juga diwujudkan lewat upaya pembangunan dalam bidang pendidikan, kesehatan dan kemandirian ekonomi agar makin dirasakan umat. Nahdlatul Ulama, lewat NU Care-LAZISNU, setahun yang lalu meresmikan pembangunan di berbagai daerah yang dimulai dari Aceh. 

Kamis pagi (12/07/2018) NU Care-LAZISNU kembali melakuan upaya serupa, di tanah Papua. Pagi itu, di Maibo, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong Papua Barat suasana terasa begitu mengharukan. Bagaimana tidak, di zaman pesatnya perkembangan ini ternyata masih ada putra Indonesia yang untuk mendapatkan sarana belajar saja masih susah.

Di Maibo, tampak bangunan sekolah yang kondisinya berada di bawah kelayakan, fasilitas pendidikan sangat memprihatinkan. Hal itu karena keterbatasan tempat. Bangunan sekolah itu tampak hanya seperti gubuk yang beralaskan tanah.

Kami, rombongan NU Care-LAZISNU meneteskan air mata melihat kondisi itu. Terlebih ketika lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Dengan lantang suara kanak-kanak meneriakkan, "Bangunlah jiwanya bangunlah badanya," rasanya menyayat-nyayat rasa.

Saya bertanya-tanya, ke mana kepedulian kita selama ini? Kepedulian semua bagian masyarakat, mulai dari pemerintah, tokoh masyarakat, aghniya, dan masyarakat umum. Mari, bersama-sama bahu-membahu menopang harapan bagi anak-anak bangsa kita di timur Indonesia.

Sudah kita awali, NU Care-LAZISNU hari itu menyerahkan bantuan dari para donatur yang dihimpun lewat platform crowdfunding Kitabisa.com untuk pembangunan SD Al-Ma'arif Maibo. Kegiatan itu juga dihadiri Ketua PCNU Sorong, Pengurus NU Care-LAZISNU Sorong, Pengurus Ma'arif Kabupaten Sorong, Muslimat, Fatayat, serta temen-teman anggota Banser. 

NU Care-LAZISNU serahkan bantuan pendidikan untuk pembangunan SD Al-Ma'arif Maibo, di halaman sekolah, Kamis (12/07).

Kegiatan itu merupakan wujud nyata peran PBNU terhadap komitmen menjalan program pendidikan seperti yang diamanatkan pada Muktamar NU di Jombang tahun 2015. Menebar kebaikan dari Sabang sampai Merauke dalam bingkai Nusantara akan terus menjadi prioritas NU dan NU Care-LAZISNU dalam khidmat untuk agama, nusa dan bangsa.

Kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur. Kami berdoa semoga apa yang para dermawan sedekahkan melalui NU Care-LAZISNU akan menjadi keberkahan dan datangnya rahmat Allah SWT. Amin.

*Penulis adalah Manager Fundraising NU Care-LAZISNU.

Tim NU Care-LAZISNU bersama siswa dan guru SD Al-Ma'arif Maibo.

Bersihkanlah hartamu dengan zakat, dan obatilah sakit kalian dengan bersedekah, dan tolaklah olehmu bencana-bencana itu dengan do’a.

(HR. Khatib dari Ibnu Mas’ud)

chat dengan kami via whatsapp