NU Peduli Sultra Salurkan Bantuan untuk Warga dan Pesantren Terdampak Banjir di Konawe

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Rabu, 19 Juni 2019 / ١٥ شوال ١٤٤٠

Berdasar data BNPB, 5.847 KK atau  22.573 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

“Pada Selasa (18/6), teridentifikasi genangan di 144 desa dan 22 kelurahan pada 24 kecamatan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rita Rosita, Rabu (19/6) dikutip Antara.

Banjir juga telah menyebabkan kerusakan di berbagai sektor. Rumah yang terendam dilaporkan 4.688 unit dengan 192 rusak berat, 513 rusak sedang, dan 575 rusak ringan.

Bangunan sekolah juga turut terendam, yakni 32 unit taman kanak-kanak, 49 sekolah dasar, dan 14 sekolah menengah pertama. Di sektor pertanian, banjir merendam 3.246 hektare sawah, 357 hektare lahan jagung dan lainnya 385 hektare.

NU Peduli Sultra turun ke lokasi bencana di Desa Ahwa Watu, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe.

Koordinator Tim NU Peduli Sultra, Muhammad Wahib, melaporkan dari lokasi bencana bahwa di Kecamatan Pondidaha terdapat enam desa yang terendam banjir, salah satunya Desa Ahwa Watu yang ketinggian airnya mencapai 1 meter.

“Rumah-rumah tergenang sampai 1 meter. Sebagian warga terpaksa meninggalkan rumah, ada juga yang masih tetap bertahan,” ungkap Wahib, pada Rabu (19/6) sore.

Wahib mengatakan, sejumlah 600 KK terdampak banjir di Desa Ahwa Watu.

“Untuk meringankan beban warga, kami pada tahap awal menyalurkan bantuan logistik, family kits. Kami juga sowan dan menyalurkan bantuan untuk salah satu pesantren di sini, yaitu Pesantren Al-Muhajirin. Mudah-mudahan bantuan ini akan sangat membantu warga terdampak bencana,” harapnya. [Red: Wahyu Noerhadi]

Menahan diri dari kejahatan adalah sedekah.

(HR. Bukhari)

chat dengan kami via whatsapp