Wabup Jayapura Apresiasi Kinerja Tim NU Peduli di Lokasi Bencana

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Jumat, 22 Maret 2019 / ١٥ رجب ١٤٤٠
Pelayanan kesehatan untuk warga terdampak bencana banjir bandang di Kampung Yakonde, Jumat (22/03/2019).

Jakarta, NU Care

Sejak hari pertama bencana banjir bandang melanda Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Tim NU Peduli turun tangan mengevakuasi korban dan mendirikan Pos NU Peduli Sentani, guna mengakomodir dan memudahkan penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak bencana. Hal tersebut diapresiasi oleh Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, saat ditemui Tim NU Peduli, Jumat (22/03).

Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, saat ditemui Tim NU Peduli.

“Terima kasih NU Peduli. Mulai dari awal, hari pertama (Minggu, 17/03), sudah bisa hadir dan bisa langsung turun tangan sampai di titik-titik mana yang perlu bantuan. NU sudah bergerak dari awal saya pantau,” tutur Giri.

Sementara, Kasibintal Lanud Silas Papare, Mayor Sus M. Toriq, mengisahkan kronologi bencana di Kompleks AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia).

Kasibintal Lanud Silas Papare, Mayor Sus M. Toriq (kanan) bersama Koordinator Tim NU Peduli, Muhammad Wahib.

“Kejadiannya itu malam Minggu dan kita sendiri saat itu sedang mengadakan pengajian rutin seperti biasa yang kita adakan. Kemudian tiba-tiba ada beberapa kendaraan yang menabrak tembok Lanud (Pangkalan Udara) dan mereka minta tolong. Begitu kami melihat, ternyata air bah sudah menjalar ke mana-mana bahkan kemudian kami tidak menyangka tiba-tiba air sudah menggenangi masjid. Satu tangga lagi sampai ke lantai masjid diikuti dengan batang-batang pohon yang besar-besar,” jelas Toriq.

Pada malam itu juga, lanjut Toriq, ditemukan tiga jenazah di depan markas AURI Sentani.

Tim NU Peduli di daerah tepian sungai Kemiri, Distrik Kota Sentani.

“Kemudian segera kami evakuasi. Harapan kami semoga kondisi Sentani segera pulih dan (ada) recovery setelah bencana alam. Kita ambil semua hikmahnya. Mudah-mudahan Allah mempunyai maksud dan tujuan yang baik pada musibah ini,” ucapnya.

Koordinator Tim NU Peduli, Muhammad Wahib, menyampaikan bahwa selain ikut membantu proses evakuasi korban dan mendirikan posko, NU Peduli juga membuka pelayanan kesehatan di Distrik Waibu.

“Hari ini (Jumat), NU Peduli mengunjungi lokasi bencana di daerah Sungai Kemiri, di Distrik Kota Sentani Jayapura. Sedangkan di Kampung Yakonde, Distrik Waibu, kami buka Posko Pelayanan Kesehatan untuk warga terdampak bencana,” papar Wahib.

Pengurus PDNU, dr. Aji Bayu Wicaksono, memberikan pelayanan kesehatan untuk warga terdampak bencana.

Wakil Ketua PP NU Care-LAZISNU ini juga mengatakan, Tim NU Peduli di Posko Pelayanan Kesehatan terdapat para dokter dan perawat dari Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) dan dari Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU). Dirinya juga menambahkan, NU Peduli juga menggelar aksi Jumat Berbagi di Sentani.

Tim NU Peduli dalam aksi #JumatBerbagi siap menyalurkan nasi bungkus kepada warga terdampak bencana banjir bandang di Sentani, Jayapura.

“Dalam aksi Jumat Berbagi, NU Peduli memberikan bantuan nasi bungkus kepada warga di masjid kompleks AURI Sentani,” imbuhnya. [Wahyu Noerhadi]

chat dengan kami via whatsapp