NU Care Bantu Rampungkan Pembangunan SD di Sorong

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Rabu, 20 Maret 2019 / ١٣ رجب ١٤٤٠
Peresmian SD Al-Ma'arif Maibo, Kelurahan Klabinain, Kecamtan Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (20/03/2019).

Jakarta, NU Care

SD Al-Ma’arif 1 Maibo, yang terletak di Kampung Maibo, Kelurahan Klabinain, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat, telah selesai dibangun. Peresmian gedung sekolah tersebut dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Sorong dan jajaran Pengurus Cabang NU Sorong, pada Rabu (20/03).

Ketua Pembangunan SD Al-Ma’arif 1 Maibo sekaligus Sekretaris PCNU Kabupaten Sorong, Hery Widyaprasetya, mengatakan bahwa SD tersebut sebelumnya adalah sekolah darurat yang dibangun lantaran adanya migrasi suku Kokoda ke Kampung Maibo.

SD Al-Ma'arif 1 Maibo sebelum direnovasi.

“Sekolah darurat ini didirikan atas inisiatif penduduk, bersama para pengurus NU di sini, supaya anak-anak suku Kokoda bisa tetap melanjutkan pendidikan,” ungkap Hery.

Hery menjelaskan, bangunan SD Al-Maarif 1 Maibo itu awalnya hanya terbuat dari balok kayu.

“Sejak awal didirikan, kondisi sekolah ini sangat memprihatinkan. Lantai sekolah masih beralaskan tanah. Dan dinding sekolah hanya terbuat dari balok kayu. Itu pun dengan bahan kayu yang minim sehingga bangunan tak tertutup secara sempurna,” ujarnya.

Siswa SD Al-Ma'arif 1 Maibo tampak sedang belajar di ruang kelas yang belum direnovasi.

Pembangunan sekolah dilakukan pada Juli 2018 dan penggalangan dana oleh NU Care-LAZISNU Pusat (Jakarta) dimulai sejak 13 Oktober 2017, melalui platform crowdfunding (penggalangan dana daring) Kitabisa.com.

Selain itu, tambah Hery, dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Petrosea Tbk juga membantu pembangunan sekolah tersebut.

"Berkat kerjasama dengan PT Petrosea, lewat dana CSR, itu sangat membantu pembangunan SD Al-Ma’arif 1 Maibo," imbuhnya.

Kepala Sekolah SD Al-Ma’arif 1 Maibo, Rusmiati, mengucapkan terima kasih kepada PT Petrosea dan semua donatur yang menyalurkan bantuannya melalui NU Care-LAZISNU di Kitabisa.com.

“Semoga amal jariahnya diterima Allah Swt. Amin,” harapnya.

Pondasi bangunan SD saat dibangun.

Dihubungi terpisah, Ketua PP NU Care-LAZISNU, Achmad Sudrajat, mengatakan bantuan yang disalurkan merupakan realisasi dari program pendidikan, yang menjadi salah satu pilar program NU Care-LAZISNU.

“Terima kasih kami ucapkan kepada para dermawan, donatur campaign Pembangunan SD Al-Ma’arif 1 Maibo. Akhirnya, tentu kita senang, bahagia, melihat adik-adik kita, para guru, dan masyarakat setempat bisa melihat, menikmati, memperoleh pendidikan yang lebih baik,” ucap Ajat, biasa disapa.

SD Al-Ma'arif 1 Maibo usai pembangunan.

Sementara itu, Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono, berharap program-program pendidikan dapat terus dimaksimalkan untuk proses belajar mengajar di Kampung Maibo.

“Terima kasih atas bantuan semua pihak, para donatur, dan juga PT Petrosea terhadap daerah terdampak perusahaan. Harapannya semoga ke depan masih ada program-program pendidikan untuk Kampung Maibo,” kata Harjono, yang dalam sambutannya.

Pemkab Sorong, Dinas P&P, kepala sekolah, para guru, pengurus NU Sorong, serta donatur yang hadir di acara persemian bangunan baru SD Al-Ma'arif 1 Maibo.

Selain Pemkab Sorong, hadir pula pada peresmian tersebut Dinas Pendidikan dan Pengajaran (P&P) Kabupaten Sorong, Kepala dan dosen STAIN Sorong, perwakilan lembaga dan badan otonom NU Sorong, perwakilan PT Petrosea Tbk, guru dan wali murid SD Al-Ma’arif 1 Maibo. [Red: Wahyu Noerhadi]

Sabda Nabi SAW, (jika) hamba Allah berkata, “Yang mana hartaku, yang mana hartaku, sesungguhnya baginya tiga macam harta; apa yang dia makan lalu lenyap, apa yang dia pakai lalu lusuh, dan apa yang dia infakkan akan tetap tersimpan. Selain itu, akan lenyap dan meninggalkan manusia.”

(HR.Muslim)

chat dengan kami via whatsapp