Ketua LAZISNU Dukung Produk Herbal Halal Bintang Toedjoe

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Selasa, 9 April 2019 / ٣ شعبان ١٤٤٠
Ketua PP NU Care-LAZISNU, Achmad Sudrajat.

Jakarta, NU Care

Ketua NU Care-LAZISNU, Achmad Sudrajat mengatakan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 250 juta di mana sebanyak 90 persennya beragama Islam, menjadi kekuatan tidak hanya bagi umat Islam di Indonesia, namun juga bagi dunia Islam.

“Termasuk dalam bidang ekonomi. Salah satu hal yang menarik dalam pengembangan ekonomi adalah islamisasi ekonomi atau ekonomi syariah,” ungkapnya, Senin (8/04) sore.

Pria yang akrab disapa Kang Ajat ini menyebutkan, peluang besar bagi pengembangan ekonomi syariah karena masyarakat Islam memerlukan produk-produk halal.

“Mulai perbankan, makanan, obat-obatan, ekonomi syariah," ujarnya.

Produk-produk tersebut yang kemudian mendapat labelisasi halal oleh lembaga resmi menjadi kebanggaan umat Islam. Pasalnya, labelisasi halal akan menjadi baik sebagaimana digariskan Allah Swt bahwa umat Islam harus menggunakan produk-produk halal, baik dari sisi benda atau bahannya, sistem, dan pengolahan.

“Oleh karena itu, NU Care-LAZISNU mendorong serta mendukung munculnya produk-produk halal. Sebab, itulah tuntutan zaman ke depan," tegasnya. 

Dukungan NU Care-LAZISNU terhadap produk-produk berlabel halal, dibuktikan salah satunya dengan mendorong masyarakat turut memperdagangkan hanya produk-produk yang telah mendapatkan label halal.

"Produk-produk halal telah diatur kesyariatannya dalam proses kehalalan. Salah satunya adalah Bejo Jahe Merah," kata dia.

Sebagai produk Bintang Toedjoe, Bejo Jahe Merah, kata Kang Ajat diolah dari bahan-bahan jahe pilihan yang dihasilkan petani Indonesia. Dalam pemasaran, masyarakat juga dapat membantu, sehingga hal itu menimbulkan keuntungan dari sisi ekonomi.

Dirinya juga menyebutkan, dalam waktu dekat, seiring berdirinya Warung Nusantara, gagasan NU Care-LAZISNU, produk-produk tersebut bisa dipajang dan diperdagangkan. Pihaknya mengatakan optimis dengan pemasaran produk tersebut, karena berdasarkan khasiatnya, terbukti disukai masyarakat.

“Bejo Jahe Merah salah satu produk herbal. Kita tahu masyarakat Indonesia menyukai produk herbal seperti jamu. Ini menjadi peluang keuntungan kita bersama,” paparnya.

Selain itu, petani-petani Indonesia juga dapat terus memasok jahe merah sebagai bahan dasar produk Bejo Jahe Merah. Dalam catatan NUcare.id, kerja sama dengan Bintang Toedjoe untuk petani Indonesia pernah dilakukan di Sukabumi dan Bogor. Saat itu Bintang Toedjoe memberikan permodalan untuk pembelian benih jahe, perawatan dan pemupukan. Hasil panen dari petani, kemudian dijual kepada pabrik Bintang Toedjoe sebagai produsen. [Kendi Setiawan]

Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.

(HR. Thabrani)

chat dengan kami via whatsapp