Beberkah, Program Berbagi Berkah NU Care-LAZISNU di Bulan Ramadhan

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Selasa, 21 Mei 2019 / ١٦ رمضان ١٤٤٠
Desain: NUcare.id

Jakarta, NU Care

Beberkah atau Berbagi Berkah menjadi program unggulan dari NU Care-LAZISNU di bulan Ramadhan ini. Program ini menjadi salah satu andalan sebab merupakan ciri khas masyarakat Indonesia dalam beragama dan berderma. 

"Berbagi kebaikan, kebahagiaan, dan keberkahan adalah representasi dari kehidupan sosial keagamaan di Nusantara. Tidak ada satu pun ajaran agama (di Indonesia) yang tidak menganjurkan pengikutnya untuk tidak berbagi. Terutama agama mayoritas di Indonesia, yaitu Islam," kata Sekretaris NU Care-LAZISNU, Abdur Rouf.

Ia mengungkapkan, dalam beberapa ayat Al-Quran dan Hadis serta petuah-petuah para salaf as-shalih dan ulama-ulama mu’tabar menjelaskan tentang keharusan untuk berbagi kepada sesama dan berbagai manfaat yang akan didapatkan oleh mereka yang gemar berbagi. 

“Selain itu, iklim kemajemukan di Indonesia harus dimaknai sebagai suatu keberkahan tersendiri dan potensi kehidupan yang adil, makmur, sejahtera dan bahagia. Bukan sebagai penghalang yang membatasi ruang gerak kebaikan kita sebagai sesama umat manusia,” jelasnya.

Mengusung tagline Bahagia Milik Semua, Beberkah menjadi bagian dari gerakan kemanusiaan sosial dan keagamaan tidak saja diperuntukkan kepada delapan ashnaf (golongan penerima zakat, infak, sedekah), namun juga bagi kaum dhuafa, anak yatim dan masyarakat tidak mampu tanpa mempermasalahkan perbedaan latar belakang suku, budaya, bahasa dan agama.

Beberkah NU Care-LAZISNU untuk lansia dhuafa di Jakarta.

"Program ini akan dilaksanakan sejak bulan Ramadhan 1440 H secara konsisten, dan akan tetap dilanjutkan pasca-Ramadhan. NU Care-LAZISNU berharap dapat lebih dekat dengan umat, berbagi keberkahan dan menciptakan kebahagiaan bagi semua. Adapun bantuan yang akan diberikan dapat berupa santunan anak yatim, dhuafa, paket makanan buka dan sahur, bingkisan lebaran, dan bentuk lainnya," tuturnya.

Tujuan program ini, lanjut Rouf, tidak lain adalah menciptakan keberkahan bagi sesama umat manusia, khususnya umat Islam, melawan kemiskinan dan kelaparan, meningkatkan semangat hidup yang berkualitas, pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kesenjangan di tengah heterogenitas umat. Target yang ingin dicapai selama periode bulan suci Ramadhan sebanyak 1.000.000 KK (kepala keluarga) penerima keberkahan.

Rouf memaparkan, Beberkah juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Karenanya ada beberapa kriteria yang dapat disentuh melalui program ini sesuai dengan SDGs; yakni tujuan 1 Tanpa kemiskinan; Tujuan 2 Tanpa kelaparan; Tujuan 3 Kehidupan sehat dan sejahtera ; Tujuan 4 Pendidikan berkualitas; Tujuan 6 Air bersih dan sanitasi layak 

Tujuan 8 Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi; dan Tujuan 10 Berkurangnya kesenjangan. 

“Jenis kegiatan Beberkah pada program Ramadhan LAZISNU ialah memberikan bantuan tunai atau nontunai secara langsung dan atau simbolis kepada anak yatim dan dhuafa; buka puasa atau sahur bersama; pembagian takjil gratis; pembagian atau wakaf Al-Quran, buku Islam, peralatan shalat seperti sarung, peci atau mukena,” pungkasnya. (Kendi Setiawan)

Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung di bawah bayang-bayang sedekahnya.

 (HR. At-Thabrani)

chat dengan kami via whatsapp