Bantu Warga Terdampak Gempa, NU Care Banten Buka Posko dan Donasi

NUcare.id | ditulis oleh : Admin | Minggu, 4 Agustus 2019 / ٢ ذو الحجة ١٤٤٠
Rumah terdampak gempa yang terjadi di Banten pada 2 Agustus 2019. Foto: detikcom.

Serang, NU Care

NU Care-LAZISNU Banten bergerak membantu masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Pandeglang, salah satunya di Kecamatan Mandalawangi. Upaya tersebut dilakukan NU Care-LAZISNU Banten dengan membuka posko bantuan dan memantau sejumlah titik terdampak gempa. 

Ketua NU Care-LAZISNU Banten, Sugeng Setiyadi, menuturkan gerakan awal NU Care-LAZISNU yaitu melakukan pendataan ulang untuk mengetahui bantuan apa saja yang diperlukan.

"Untuk warga Desa Pasir Panjang, Kecamatan Mandalawangi langsung diberikan bantuan berupa uang tunai karena melihat kondisi yang memprihatinkan. Di sana tim kami langsung memberikan bantuan," ujarnya, seperti dilansir NU Online, Ahad (4/08). 

Sugeng mengatakan, NU Care-LAZISNU Banten membuka donasi bagi masyakat yang akan memberikan bantuan kepada warga terdampak gempa. Saat ini, kata dia, yang dibutuhkan adalah hunian sementara bagi sebagian warga di Pandeglang. 

"Rumah mereka hancur karena gempa," tutur Sugeng.

NU Care-LAZISNU Banten, lanjutnya, akan mengawal masyarakat terdampak gempa sampai semuanya pulih kembali. Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa meringankan beban korban, khususnya beberapa pesantren yang hancur akibar gempa.

Seperti diketahui, di Banten gempa itu telah mengakibatkan kerusakan rumah antara lain di Kecamatan Mandalawangi 32 rumah, Kecamatan Carita 1 rumah, Kecamatan Patia 3 rumah, dan Kecamatan Sukaresmi 2 rumah. 

Kemudian, di Kecamatan Panimbang 1 rumah, Kecamatan Saketi 5 rumah, Kecamatan Jiput 2 rumah, Kecamatan Picung 1 rumah, Kecamatan Cikeusik 1 rumah, Kecamatan Sumur 6 rumah, Kecamatan Bojong 2 rumah dan Kecamatan Banjar 1 rumah.

Terkait korban tewas, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperbarui data korban tewas akibat dari bencana gempa bermagnitudo 6,9 di Pandeglang tercatat saat ini 6 orang.

"Jumlah total (korban) meninggal dunia 6 orang," ucap Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya, pada Minggu (4/08), seperti diwartakan Detik.com.

Data yang dicatatkan BNPB itu terhitung per pukul 10.00 WIB. Selain korban tewas, BNPB juga mencatatkan adanya 3 orang yang mengalami luka serta 136 KK atau kepala keluarga yang terdampak gempa. [Abdul Rahman Ahdori]

NU Care Banten buka donasi untuk warga terdampak gempa.

Apabila matinya seorang anak adam itu, maka akan terputuslah amalnya kecuali 3 perkara; sedekah, jariyah, atau ilmu yang dimanfaatkan dengannya (oleh orang lain), atau anak sholeh yang mendo'akannya.

(HR.Muslim)

chat dengan kami via whatsapp