Bahtsul Masail PWNU Jawa Timur Putuskan NU Care sebagai Amil Syar’i

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Sabtu, 25 Mei 2019 / ٢٠ رمضان ١٤٤٠
Logo NU Care-LAZISNU

Pembahasan legalitas Lembaga Amil Zakat (LAZ) sebagai Amil Syar’i telah berulang kali dilakukan oleh PWNU Jawa Timur, baik secara internal dalam forum Bahtsul Masail NU Jawa Timur, maupun secara eksternal khususnya dalam forum Bahtsul Masail Munas dan Konbes NU di Lombok pada 23-25 November 2017, yang menerima Rumusan Amil Zakat usulan PWNU Jawa Timur.

Namun demikian, di kalangan NU sendiri masih terdapat beragam pemahaman terhadap berbagai keputusan Bahtsul Masail tersebut seiring perkembangan perundang-undangan zakat, sehingga sering muncul pertanyaan: “Apakah LAZISNU termasuk Amil syar’i, mana dasarnya”, dan pertanyaan lainnya, yang sedikit banyak menghambat kinerja NU Care-LAZISNU sendiri.

Menanggapi hal itu, diperlukan rumusan yang lebih aplikatif dan dapat dijadikan rujukan oleh NU Care-LAZISNU maupun warga Nahdliyin dan masyarakat umum untuk lebih bersemangat menyalurkan zakat infak dan sedekahnya melalui NU Care-LAZISNU. Hal ini demi keabsahannya secara syar’i sekaligus tercapainya cita-cita kemandirian jamaah dan jam’iyah NU; kesejahteraan dan kemandirian masyarakat secara umum.

Bahtsul Masail PWNU Jawa Timur yang digelar pada 16 April 2019 telah membahas dan memutuskan status Amil Syar’i bagi NU CARE-LAZISNU dari tingkat Pusat hingga tingkat Ranting (desa).

Keputusan lengkapnya, silakan unduh di bawah:

Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma.

(Mutafaq’alaih)

chat dengan kami via whatsapp