UPZISNU Desa Carangrejo Jombang Salurkan Dana dari Kaleng Sedekah

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Kamis, 7 Februari 2019 / ١ جمادى الآخرة ١٤٤٠
UPZISNU Ranting Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang santuni warga yang dirawat di rumah sakit.

Jombang, NU Care

Pengurus Unit Pengumpul Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Ranting Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang mendatangi RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo, Mojokerto, Rabu (6/02).

Kedatangannya untuk memberikan santunan kepada warganya, Siti Aminah (40) asal Dusun Carangpuspo, Desa Carangrejo yang menderita sakit kekurangan kalium. Ia dirawat sejak beberapa hari yang lalu.

Ketua UPZISNU Ranting Carangrejo, Abdul Wahib mengatakan, santunan yang diberikan kepada warga yang bersangkutan adalah bersumber dari sedekah serta infak masyarakat Carangrejo melalui kaleng sedekah yang dikelola UPZISNU.

"Ini adalah hasil pengumpulan uang kaleng yang kami ambil setiap bulan melalui relawan yang sudah ada di dusun-dusun," katanya.

Ia menyebutkan, dari pengelolaan kaleng sedekah tersebut UPZISNU menyusun beberapa program, di antaranya program santunan untuk anak yatim piatu, janda, duda miskin maupun duafa, juga program santunan untuk warga yang sedang dirawat di rumah sakit. 

"Maka dari itu kami ucapkan terima kasih kepada relawan UPZISNU Carangrejo yang sudah door to door mengambil uang dari kaleng (sedekah) sehingga kegiatan semacam ini bisa terlaksana dengan baik," imbuhnya.

Pengelolaan kaleng sedekah yang dinilai berjalan cukup baik menurutnya tidak lepas dari peran UPZISNU tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) atau tingkat kecamatan. Mereka, kata dia, intens memberikan pendampingan-pendampingan kepada pengurus UPZISNU di bawahnya.

"Terima kasih pula kepada pengurus UPZISNU MWC Kesamben yang sudah memberikan pendampingan baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan adanya UPZISNU ini kita senantiasa ingin memberikan manfaat untuk untuk umat," jelasnya. 

Di hari yang sama, pengurus juga memberikan santunan kepada Agus (42) warga Dusun Cangkring Malang, Desa Carangrejo, yang menderita sakit DBD dan dirawat di RS Sakinah Mojokerto. Santunan juga berasal dari sumber yang sama, yakni dari hasil pengelolaan kaleng sedekah. [Syamsul Arifin]

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna) sebelum kamu nafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Maka sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang kamu nafkahkan.”

(QS. Ali Imran: 92)

chat dengan kami via whatsapp