Tingkatkan Kualitas SDM, NU Care DIY Gelar Madrasah Amil

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Minggu, 5 Mei 2019 / ٢٩ شعبان ١٤٤٠
Madrasah Amil NU Care-LAZISNU DIY.

Yogyakarta, NU Care

Usai NU Care-LAZISNU Jawa Tengah, kemudian NU Care-LAZISNU DIY juga menyelenggarakan kegiatan Madrasah Amil selama dua hari, Jumat-Sabtu (3-4/05), di Kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DIY.

Kegiatan diikuti oleh manajemen wilayah dan perwakilan Pengurus Cabang NU Care-LAZISNU se-DIY yang berjumlah lima kabupaten/kota.

Direktur NU Care-LAZISNU DIY, Ulin Nuha, mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan Madrasah Amil bertujuan menyinergikan kinerja Pengurus Wilayah dengan Cabang.

“Kegiatan ini sangat penting untuk kinerja LAZISNU, baik di tingkat Wilayah maupun Cabang. Hal ini (Madrasah Amil) sebagai upaya menyinergikan kinerja antara Cabang dengan PWNU, terutama dalam hal akuntansi atau pelaporan dari cabang ke PWNU,” tutur Ulin.

Ulin menambahkan, selain bertujuan untuk sinergi kinerja, kegiatan tersebut juga mempunyai maksud untuk meningkatkan kualitas SDM dari NU Care-LAZISNU.

“Sebagai ikhtiar kami dari Pengurus LAZISNU DIY untuk meningkatkan kualitas SDM pada tim managemen yang langsung terjun ke lapangan. Maka kegiatan ini selain menjadi wadah untuk teman-teman mengabdi, juga sebagai lahan untuk mencari ilmu tentang zakat dan infak,” ungkapnya

Sementara itu, Ketua panitia Madrasah Amil NU Care-LAZISNU DIY, Awwaliya Faricha, mengatakan acara berjalan lancar.

“Saya berterima kasih kepada panitia dan peserta yang telah hadir dalam acara ini. Bagaimana pun, acara ini tidak akan bisa berjalan tanpa kekompakan panitia dan kehadiran peserta,” ujar Faricha.

Adapun materi Madrasah Amil tersebut setidaknya terdiri dari lima materi yakni perhitungan zakat, pajak dan pengisian SPT, dilanjut materi tentang tata kelola lembaga, pendayagunaan dan pendistribusian ZIS, serta materi mengenai aspek fikih zakat.

Selanjutnya, ada dua materi yang disampaikan di hari kedua yaitu materi tentang kebijakan dan strategi penghimpunan ZIS  serta materi tentang laporan keuangan.

Di akhir acara, Kepala Divisi Pengembangan SDM NU Care-LAZISNU DIY, Abdul Qoyyum, berharap akan adanya dampak yang signifikan dalam pengelolaan NU Care-LAZISNU setelah kegiatan Madrasah Amil.

“Mudah-mudahan acara ini dapat memberi dampak yang sangat signifikan dalam mengelola NU Care-LAZISNU,” harap Qoyyum. [AZF]

"Ambillah sedekah (zakat) dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

QS. Al-Taubah (9): 103

chat dengan kami via whatsapp