Sinergitas LAZISNU-LKNU Batang Diulas di Rakerwil LAZISNU Jateng

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Senin, 8 April 2019 / ٢ شعبان ١٤٤٠
Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) NU Care-LAZISNU se-Jateng, di Balai Diklat Kemenag Banyumanik, Kota Semarang, Sabtu (6/04/2019).

Batang, NU Care

NU Care-LAZISNU dan Lembaga Kesehatan Nahdatul Ulama (LKNU) Kabupaten Batang berkesempatan membagikan pengalaman mengelola lembaganya, kepada 36 Pengurus NU Care-LAZISNU se-Jawa Tengah, pada Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) NU Care-LAZISNU Jateng di Balai Diklat Kemenag Banyumanik, Kota Semarang, Sabtu (6/04). 

Ketua PC LKNU Batang, Slamet Solichin, memaparkan terkait sinergitas LKNU dengan NU Care-LAZISNU yang diketuai oleh Muhammad Masykuri. Hasil sinergi tersebut, saat ini PCNU Batang melalui lembaganya telah meluncurkan kartu Jaminan Kesehatan NU (JKNU).  

"Hasil sinergi itu, sehingga kita mendapatkan kesempatan di Semarang untuk berbagi atau sharing pengalaman, sekaligus mengevaluasi bersama," katanya, seperti disiarkan NU Online, Ahad (7/04).

Dikatakan Solichin, keberhasilan lembaganya harus ditempuh melalui kolaborasi dengan lembaga lainnya. Tidak bisa lembaga berjalan sendiri tanpa dukungan lembaga lain, kalaupun bisa hasilnya tidak bakal maksimal. 

Dia mengatakan, jika organisasi NU ingin menjadi besar dan dapat melayani umat dengan baik, maka lembaga di bawah NU sampai ke badan otonom harus bersinergi.

"Artinya semua kegiatan yang berkaitan dengan pelayan dan peningkatan pada masyarakat, harus dilaksanakan secara berbarengan," tuturnya. 

Menurut Solichin, Pengurus Cabang lain bisa menjalankan program seperti yang dilaksanakan PCNU Batang berupa penerbitan Kartu JKNU dan Lakesnu.

"Dengan syarat cabang mampu menginvetaris tenaga kesehatan NU baik dokter, bidan, dan perawat untuk kita ajak mendirikan Lakesnu dan mengoperasionalkan," ujarnya. 

Dikatakan, pengurus cabang lain di antaranya Kabupaten Pekalongan, Blora, Pati, Brebes, dan Pemalang lebih antusias berdiskusi, lantaran  memiliki semangat untuk membentuk Lakesnu dan menerbitkan Kartu JKNU. 

Dia menuturkan, tentu setiap Pengurus Cabang memilki cara berbeda, sesuai kearifan lokal masing-masing daerah, namun tidak lepas dari patokan yang telah ditentukan dari Pengurus Wilayah maupun Pusat. 

"Saya dorong Pengurus Cabang untuk merealisasikan program tersebut, namun pesan saya, gandenglah lembaga lainnya, apalagi hal ini tidaklah instan dan butuh proses, " ucapnya. 

Sementara Ketua NU Care-LAZISNU Batang, Muhammad Masykuri, menambahkan keberhasilan sinergi antara NU Care-LAZISNU dan LKNU Batang memang harus terus ditingkatkan.

"Kita akan terus bersinergi agar membesarkan PCNU Batang, baik melalui program LAZISNU berupa pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan  tanggap bencana ataupun melalui program tambahan lainnya," pungkasnya. [Iwan]

Sebaik-baiknya manusia di antaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.

(HR.Bukhari)

chat dengan kami via whatsapp