OSIS Madrasah di Jombang Ini Rutin Donasi untuk Bencana

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Selasa, 29 Januari 2019 / ٢٢ جمادى الأولى ١٤٤٠
Siswa dari MA Al-Asy'ari Jombang serahkan donasi untuk bencana, melalui NU Care-LAZISNU Jombang.

Jombang, NU Care

Madrasah Aliyah Al-Asy’ari rutin berdonasi melalui LAZISNU Jombang. Madrasah tersebut berada di lingkungan Pondok Pesantren Al-Asy’ari yang pendirinya adalah ayah dari Hadratussyeikh, KH M Hasyim Asy’ari.

"Madrasah ini (MA Al-Asy'ari) selalu donasi bencana lewat LAZISNU Jombang," kata Direktur NU Care-LAZISNU Jombang, Ahmad Zainuddin, Selasa (29/01).

Madrasah yang beralamat di Desa Keras, Kecamatan Diwek, Jombang tersebut rutin berdonasi kepada masyarakat yang membutuhkan lewat NU Care-LAZISNU.

"Pesantren ini yang mendirikan adalah Mbah Asy'ari, abahnya Hadratussyekh KH M Hasyim Asy'ari," ujar Gok Din, sapaan akrabnya.

Setiap ada informasi terjadi bencana alam di berbagai daerah, madrasah tersebut mengumpulkan donasi dan menyalurkannya melalui NU Care-LAZISNU. Meski tidak banyak, namun diakuinya cukup rutin.

"Donasi terakhir untuk tsunami di Banten-Lampung 500 ribu rupiah," ucapnya. Dulu pernah berdonasi 2.500.000, timpalnya.

Di madrasah ini, terdapat pengelolaan dana sosial yang langsung dikoordinir oleh Organisasi Sisiwa Intra Sekolah (OSIS). Dana tersebut dialokasikan untuk kegiatan sosial di internal, juga di luar madrasah.

Sementara untuk pentasarrufan atau penggunaan dana sosial di luar madrasah, dipercayakan pengelolaannya kepada NU Care-LAZISNU.

"Mereka punya kegiatan dana sosial yang dikoordinir OSIS setiap Selasa, yang ditasarrufkan untuk kegiatan kegiatan sosial baik internal madrasah atau didonasikan untuk kegiatan di luar madrasah seperti tanggap bencana. Dan selalu lewat LAZISNU," pungkasnya. [Syamsul Arifin]

Tidaklah seorang muslim yang bercocok tanam, lalu tanaman tersebut dimakan orang lain atau binatang ternak, melainkan baginya adalah sedekah.

(HR. Bukhari)

chat dengan kami via whatsapp