NU Care Pringsewu Targetkan Tiap Kecamatan Miliki Mobil Ambulans

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Sabtu, 13 April 2019 / ٧ شعبان ١٤٤٠
Ketua NU Care-LAZISNU Pringsewu, Khairuddin saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan Madrasah Amil NU Care-LAZISNU, Sabtu (6/04/2019).

Jakarta, NU Care

Setiap UPZISNU kecamatan di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung menargetkan pembelian mobil ambulans dari program Koin Fondasi Akhirat. Pembelian ambulans merupakan hasil rencana tindak lanjut usai kegiatan Madrasah Amil NU Care-LAZISNU yang digelar akhir pekan lalu. Hal itu juga diperkuat oleh permintaan atau arahan Ketua PCNU Pringsewu, H Taufiq Qurrohim, saat membuka kegiatan tersebut.

Ketua NU Care-LAZISNU Pringsewu, Khairuddin, mengatakan ketersediaan mobil ambulans nantinya dipergunakan untuk melayani kesehatan masyarakat secara gratis. Untuk merealisasikan rencana tersebut, dana yang terhimpun melalui kotak Koin Fondasi Akhirat yang ada di setiap desa, difokuskan untuk pembelian mobil ambulans. Namun demikian, tanpa mengurangi atau menghilangkan agenda penyaluran seperti yang sudah berjalan selama ini, di antaranya biaya pengobatan dan santunan dhuafa.

"Target yang diharapkan dari lima kecamatan yang sudah maksimal berjalan mampu terhimpun 75 juta per bulan di luar uang pentasarufan. Sehingga dalam tiga bulan berjalan, harapannya program ini (pembelian mobil ambulans) bener-benar bisa terealisasi," ujarnya dihubungi dari Jakarta, Jumat (12/04) siang.

Selain itu, untuk mempercepat pengumpulan sumber dana pembelian ambulans, pihaknya akan menambah saluran donasi bagi pengurus NU Care-LAZISNU, Nahdliyin, serta simpatisan NU.

Dari sembilan kecamatan yang ada di Pringsewu, kata Khairuddin, saat ini Koin Fondasi Akhirat sudah berjalan di lima kecamatan. Adapun lima kecamatan yang sudah menggerakkan Koin Fondasi Akhirat di Kabupaten Pringsewu adalah Kecamatan Pringsewu, Kecamatan Gadingrejo, Kecamatan Pagelaran, Kecamatan Ambarawa, dan Kecamatan Sukoharjo.

Mengingat Madrasah Amil pekan lalu juga diikuti pengurus UPZISNU dari empat kecamatan lainnya, Khairuddin mengatakan tidak menutup kemungkinan empat kecamatan tersebut tergerak untuk mengupayakan hal yang sama.

Seperti diketahui Koin Fondasi Akhirat merupakan implementasi dari program nasional Koin NU yang juga digerakkan di sejumlah kabupaten lainnya di Indonesia. NU Care-LAZISNU memberi keleluasaan pengimplementasian Koin NU menyesuaikan potensi dan kearifan lokal NU Care-LAZISNU di setiap wilayah, kabupaten, bahkan kecamatan maupun ranting NU.

Berdasarkan data NU OnlineKoin Fondasi Akhirat NU Care-LAZISNU Pringsewu digerakkan sejak setahun lalu. Selama 2018, dana bantuan yang terhimpun dari program ini mencapai 800 juta rupiah. [Kendi Setiawan]

“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah.”

(QS. Al Baqarah : 270)

chat dengan kami via whatsapp