NU Care Pringsewu Salurkan 50 Juta untuk Program Pengobatan Gratis

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Rabu, 16 Januari 2019 / ٩ جمادى الأولى ١٤٤٠
Penerima program Jalin Kesehatan NU Care Pringsewu.

Pringsewu, NU Care

Sejak diluncurkan pada September 2018 lalu, Program Jalin Kesehatan yang diprakarsai NU Care-LAZISNU Kabupaten Pringsewu telah menyalurkan dana lebih dari 50 juta rupiah.

Program Jalin Kesehatan merupakan program NU Care-LAZISNU Kabupaten Pringsewu yang memberikan pengobatan gratis bagi para pemiliki Kotak Koin Pondasi Akhirat

Setiap kepala keluarga yang memiliki kotak tersebut berhak mendapatkan fasilitas pengobatan gratis di beberapa klinik dan tempat pengobatan yang menjalin kerjasama dengan NU Care-LAZISNU Pringsewu. Dengan hanya menunjukkan kartu pemilik kotak dan fotokopi kartu keluarga, para pemilik kotak dan anggota keluarga bisa berobat gratis.

"Program ini sudah dilaksanakan di Kecamatan Pringsewu sejak September 2018. Dan pada Desember 2018, LAZISNU sudah membayarkan masyarakat untuk berobat gratis sebesar Rp. 50.168.000,-," kata Kabul Muliarto, Bendahara NU Care-LAZISNU Kabupaten Pringsewu.

Dana tersebut jelas Kabul, merupakan alokasi dana kesehatan yang diambil dari hasil Kotak Koin Pondasi Akhirat. Saat ini Program Jalin Kesehatan ini sudah dilaksanakan di Kecamatan Pringsewu dan selanjutnya akan diberlakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Pringsewu.

"Alhamdulillah, masyarakat terbantu dengan pengobatan gratis dari LAZISNU. Fasilitas kesehatan yang diberikan adalah pengobatan dan pemeriksaan kesehatan keluarga," jelas Kabul kepada NU Online di Kantor NU Care-LAZISNU Pringsewu, Rabu (16/01).

Antusiasme masyarakat untuk menggunakan fasilitas ini sejak 4 bulan setelah diluncurkan sangat tinggi. Hal ini terlihat dari rekapitulasi data yang dilaporkan.

"Di awal program diluncurkan pada bulan September 2018 LAZISNU membayar klaim sebesar Rp. 2.279.000. Dan pada Desember 2018 Rp. 22.054.000," terang Kabul.

Kenaikan ini bukan menunjukkan tingkat kesehatan yang menurun sehingga harus berobat medis. Kondisi ini karena di awal bulan, belum semua pemilik kotak memiliki kartu. Setelah disosialisasikan dan didistribusikan kartunya, animo masyarakat untuk berobat menggunakan kartu dari NU Care-LAZISNU Pringsewu semakin tinggi.

Kabul menambahkan, Program Jalin Kesehatan bukan satu-satunya program yang diluncurkan NU Care-LAZISNU Pringsewu. Program sosial dan pendidikan juga diberikan NU Care-LAZISNU dengan program seperti santunan, bantuan untuk bencana dan usaha-usaha kecil menengah.

"Semua pendanaan program-program ini merupakan hasil dari Kotak Koin Pondasi Akhirat yang sampai dengan 2018 sudah berhasil terkumpul lebih dari setengah miliar," katanya.

Program ini disambut antusias oleh para pemilik kotak seperti yang diungkapkan Apriana, warga Kelurahan Pringsewu Barat. Ibu 4 anak ini menilai, Program Jalin Kesehatan NU Care-LAZISNU bisa membantu masyarakat dalam hal pembiayaan kesehatan.

"Masyarakat saya yakin akan terbantu dengan program ini. Walaupun sampai dengan saat ini saya belum menggunakan kartunya untuk berobat. Tentunya tidak ada yang menginginkan sakit 'kan, Mas? Program ini bisa sebagai antisipasi ke depan," katanya disela-sela pendistribusian kartu. [Muhammad Faizin]

“Jika kamu menampakkan sedekahmu, maka itu baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

(QS. Al Baqarah:271)

chat dengan kami via whatsapp