NU Care Pringsewu Dirikan Posko NU Peduli Bencana Banjir di Gadingrejo

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Senin, 18 Februari 2019 / ١٢ جمادى الآخرة ١٤٤٠
Posko NU Peduli Bencana Banjir dan Angin Kencang di Kabupaten Pringsewu.

Pringsewu, NU Care

Hujan deras dibarengi dengan angin kencang melanda beberapa kawasan di Kabupaten Pringsewu, Lampung pada Sabtu (16/02) malam. Kejadian ini mengakibatkan puluhan rumah di dua desa di Kecamatan Gadingrejo roboh. 

Kejadian di Desa Tambahrejo dan Tambahrejo Barat ini juga mengakibatkan beberapa orang luka ringan dan beberapa kepala keluarga diungsikan sementara ke mes milik salah satu warga di Pekon Tambahrejo Barat.

Kondisi ini langsung direspon cepat oleh NU Care-LAZISNU) Kabupaten Pringsewu dengan mendirikan Posko NU Peduli di dekat lokasi bencana tepatnya di belakang Rumah Sakit Mutiara Hati Tambah Sari.

Menurut Ketua NU Care-LAZISNU Pringsewu Khairuddin, Posko yang didirikan merupakan kelanjutan dari hasil observasi yang dilaksanakan oleh timnya sesaat setelah bencana terjadi. Posko ini akan difungsikan untuk aksi bantuan logistik sekaligus koordinasi penanganan bencana.

"Sesaat setelah bencana, NU Care-LAZISNU langsung turun lapangan untuk membantu para korban sekaligus menginventarisir kebutuhan warga yang terdampak bencana banjir dan angin kencang ini," kata pria yang biasa dipanggil Heru seperti diberitakan NU Online, Senin (18/02).

Heru menambahkan, untuk maksimalnya jenis bantuan yang akan diberikan, pihaknya berkoordinasi dengan Pemda setempat dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Sampai saat ini berdasarkan observasi, para korban membutuhkan material bangunan untuk kembali memperbaiki bangunan rumah yang rusak seperti genteng, kayu, pasir, semen dan sejenisnya," kata Heru.

NU Care-LAZISNU Pringsewu sudah menyiapkan anggaran bantuan jutaan rupiah bagi para warga terdampak. Nantinya bantuan akan direalisasikan dalam bentuk material bangunan dan juga logistik.

"Langkah ini merupakan wujud kepedulian sosial dari NU Care-LAZISNU untuk meringankan beban para korban sehingga bisa kembali memiliki tempat tinggal yang layak," ungkapnya. 

Sementara Sekretaris NU Care LAZISNU Pringsewu Ahmad Fauzan menambahkan, untuk maksimalnya jumlah bantuan pihaknya terus menggalang dana dari para donatur baik internal NU maupun dari seluruh elemen masyarakat.

"Intern NU Care-LAZISNU sudah menyiapkan anggaran yang berasal dari Unit Pengumpul Zakat Infaq dan Sedekah (UPZIS) kecamatan dan desa. Selain itu kita terus menunggu bantuan dari para donatur lain," katanya saat mengunjungi lokasi bencana di Tambahrejo.

Bagi para donatur yang ingin berpartisipasi memberi bantuan dapat menghubungi Pengurus UPZIS NU Care-LAZISNU di desa,  kecamatan maupun Kabupaten Pringsewu.

Donasi juga bisa ditransfer melalui rekening atas nama LAZISNU Kabupaten Pringsewu di nomor BRI 035801016988532, BNI SYARIAH 0792171586, atau BMT ARTA BUANA 0306001334. Untuk konfirmasi bantuan bisa menghubungi Heru 081369718849, Fauzan 085208565886 atau Kabul 085269607010. [Muhammad Faizin]

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dengan menyakiti perasaan si penerima.” 

(QS. Al Baqarah : 264)

chat dengan kami via whatsapp