NU Care Pringsewu Bantu Warga Terdampak Banjir Bandang di Tanggamus

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Kamis, 7 Maret 2019 / ٢٩ جمادى الآخرة ١٤٤٠
Pengiriman bantuan logistik dari NU Care-LAZISNU Pringsewu untuk warga terdampak banjir di Tanggamus, pada ada Kamis (7/03/2019).

Tanggamus, NU Care

Bencana banjir bandang melanda sejumlah dusun di Desa Sukamulya, Kecamatan Pugung, Tanggamus, Lampung pada Selasa (5/03). Bencana ini mengakibatkan sedikitnya 84 rumah terendam lumpur dan sebagian besar warganya kehilangan perabotan rumah tangga.

Banjir ini diakibatkan oleh luapan sungai Way Kemiling setelah diterpa hujan deras dalam durasi 7 jam lebih. Tidak hanya rumah warga, banjir juga merendam sebagian besar areal persawahan di sekitar pemukiman. Dusun yang terdampak bencana antara lain Dusun Napal, Dusun Lubuk Kuyung dan Dusun Surian.

Meski dilaporkan tidak ada korban jiwa namun kerugian materiil cukup besar karena banyak sawah warga yang turut terendam dan juga rumah warga yang terseret hilang oleh banjir.

Kondisi rumah warga yang terseret banjir bandang.

Menyikapi bencana ini, Tim NU Peduli dari NU Care-LAZISNU Kabupaten Pringsewu bergerak membantu warga di kabupaten, yang sebelumnya menjadi induk dari Kabupaten Pringsewu ini.

Pada Kamis (7/03), Tim NU Care-LAZISNU meluncur ke lokasi bencana dengan membawa bantuan logistik yang dilepas langsung oleh Ketua PCNU Kabupaten Pringsewu, Taufiqurrohim di Kantor NU Pringsewu.

"Kita membawa bantuan berupa beras, mi instan, air mineral, pakaian layak, peralatan sholat, Al-Qur'an, buku serta Kitab Kuning," jelas Bendahara NU Care-LAZISNU Pringsewu, Kabul Muliarto, saat pelepasan bantuan menuju lokasi bersama beberapa anggota Banser Pringsewu.

Peralatan ibadah dan kitab-kitab turats (kitab klasik atau sering disebut juga 'kitab kuning') disertakan karena salah satu pesantren di lokasi tersebut yakni Pesantren Al Islah juga terterjang banjir bandang yang mengakibatkan peralatan belajar para santri hilang terseret banjir.

Penyerahan Kitab Kuning kepada Pesantren Al-Islah.

"Para korban sangat menanti uluran bantuan dari para donatur. Minimnya bantuan karena kurangnya pemberitaan bencana sehingga banyak masyarakat yang tidak langsung mengetahui bencana ini," tambah Kabul, berdasar informasi dari Posko Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang sudah mendirikan posko di lokasi bencana.

Oleh karenanya, lanjut Kabul, NU Care-LAZISNU Pringsewu mengajak para donatur untuk segera membantu warga terdampak dalam bentuk rehabilitasi kondisi tempat tinggal. Selain itu, berbagai alat rumah tangga juga sangat dibutuhkan oleh para korban di antaranya peralatan memasak seperti kompor gas.

"Bagi para donatur yang ingin berpartisipasi memberi bantuan dapat menyalurkan donasi melalui rekening atas nama LAZISNU Kabupaten Pringsewu di nomor BRI 035801016988532, BNI SYARIAH 0792171586, atau BMT ARTA BUANA 0306001334," terangnya.

Untuk konfirmasi bantuan bisa menghubungi Koordinator Tim NU Care-LAZISNU Pringsewu, Kabul Muliarti di nomor: 085269607010. [Muhammad Faizin]

Bersihkanlah hartamu dengan zakat, dan obatilah sakit kalian dengan bersedekah, dan tolaklah olehmu bencana-bencana itu dengan do’a.

(HR. Khatib dari Ibnu Mas’ud)

chat dengan kami via whatsapp