Luncurkan Koin NU, LAZISNU Pekalongan Targetkan Tiap Ranting Himpun 15 Juta Per Bulan

NUcare.id | ditulis oleh : hadi | Rabu, 3 Juli 2019 / ٢٩ شوال ١٤٤٠
Peluncuran Koin NU, program NU Care-LAZISNU Kota Pekalongan.

Pekalongan, NU Care

Momentum Halal bi Halal PCNU dan Rabithah Alawiyah Kota Pekalongan dimanfaatkan oleh Pengurus Cabang NU Care-LAZISNU Kota Pekalongan untuk meluncurkan program 'Galang Donasi' di ranting NU se-Kota Pekalongan.

Ketua NU Care-LAZISNU Kota Pekalongan, Abdul Basir, mengatakan potensi dana zakat, infak dan sedekah cukup besar. Maka, gerakan 'Galang Donasi' melalui kotak infak (Koin) NU diharapkan dapat menggali potensi itu.

"Banyak yang akan dilakukan dengan dana LAZISNU, antara lain beasiswa anak sekolah dan anak pesantren, bantuan modal usaha, bantuan terdampak banjir dan rob, serta program lainnya yang telah disusun LAZISNU," ujarnya, seperti diwartakan NU Online, Selasa (2/07) malam .

Dikatakan, peluncuran Koin NU sebagai tonggak awal penggalangan donasi di Kota Pekalongan. Diharapkan Ranting-ranting NU secara rutin dapat menggerakkan warganya melalui Unit Pengumpul Zakat, Infak, dan Sedekah (UPZIS) dengan rata-rata Rp15 juta per bulannya.

Peluncuran Koin NU di acara Halal bi Halal disambut antusias jamaah. Hampir semua jamaah turut menyerahkan uang sakunya ke Koin NU.

Rais Syuriyah yang memimpin Peluncuran Koin NU didampingi Ketua PCNU, Walikota Pekalongan, Rais 'Aam JATMAN Habib Luthfi bin Yahya, Wakil Mudir 'Aam JATMAN, Habib Umar Muthohar, Ketua LAZISNU, dan puluhan ulama dan habaib yang hadir.

Wakil Rais PCNU Kota Pekalongan, KH Kasiman Mahmud, mengatakan NU Care-LAZISNU Kota Pekalongan mempunyai tugas berat untuk menerima dan menyalurkan dana zakat, infak, dan sedekah dari para aghniya dan muzaki kepada pihak yang berhak. 

"Karena cukup banyaknya para pihak yang harus disantuni, LAZISNU harus melakukan inovasi program yang bisa mengangkat harkat dan martabat yang disantuni," tutur Kasiman, yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Pekalongan ini.

NU Care-LAZISNU, lanjutnya, hingga kini telah melakukan dan menyalurkan dana untuk beasiswa anak sekolah, beasiswa santri, bantuan perbaikan rumah tidak layak huni hingga bantuan modal usaha.

"Dengan banyaknya program yang telah dibuat oleh LAZISNU, diharapkan dapat memberikan kepercayaan para pihak untuk menyalurkan zakatnya maupun infak dan sedekah melalui LAZISNU Kota Pekalongan," harapnya. [Muiz]

“Dan belanjakan (harta bendamu) di jalan Allah dan jangan kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan dan berbuat baiklah karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

(QS. Albaqarah: 195)

chat dengan kami via whatsapp